Cara Budidaya Ikan Air Tawar Agar Cepat Panen untuk Pemula

Berternak Ikan Air Tawar – Saat ini budidaya ikan air tawar sudah menjadi salah satu peluang usaha yang bisa dibilang cukup potensial untuk dikembangkan. Terlebih bila dilihat dari perkembangannya, penjualan ikan air tawar di pasaran selalu meningkat dari tahun ke tahun. Harga jual ikan air tawar pun cukup tinggi, sebab pasokan dari petani juga sangat terbatas. Hal-hal seperti inilah yang membuat usaha budidaya ikan air tawar cukup tinggi serta menjanjikan.

Selain prospeknya sangat bagus, cara budidaya ikan air tawar pun cukup mudah dilakukan, bahkan untuk pemula sekalipun asal tetap dilakukan dengan baik dan konsisten. Tetapi akan terasa sulit bila tidak mempunyai pengetahuan serta pengalaman yang cukup untuk membudidayakan air tawar ini. Oleh karena itu, kami akan berbagi tips bagaimana cara ternak ikan air tawar yang baik untuk pemula.

Dalam menekuni usaha budidaya ikan air tawar ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan supaya usaha budidaya bisa berjalan dengan baik dan lancar.

  1. Pemilihan Kolam Budidaya Ikan Air Tawar

Kolam adalah hal penting yang harus dipertimbangkan. Sebab, usaha ini tidak akan berjalan tanpa adanya kolam untuk budidaya. Jenis kolam yang nantinya digunakan juga tidak bisa sembarangan, sebab pemilihan kolam memiliki peran penting serta dapat berpengaruh pada tingkat keberhasilan ternak ikan air tawar.

Untuk usaha budidaya ikan dalam skala kecil, memilih jenis kolam terpal merupakan pilihan yang tepat dan cerdas, sebab selain biaya yang dibutuhkan lebih kecil, cara merawat kolam dan ikannya pun akan lebih mudah dilakukan. Tetapi untuk skala besar, memilih jenis kolam dari tanah atau tembok akan sangat tepat untuk digunakan.

  1. Pemilihan Bibit dan Indukan Ikan Air Tawar

Bila ingin sukses dalam menggeluti usaha budidaya ikan air tawar, maka, memilih bibit dan indukan juga bisa berakibat fatal bila dilakukan sembarangan. Untuk usaha budidaya ikan dalam skala kecil, biasanya petani hanya melakukan teknik pembesaran. Sedangkan untuk usaha budidaya ikan dalam skala besar, rata-rata petani melakukan budidaya ini mulai dari tahap pemijahan sampai tahap pembesaran untuk dapat menghasilkan ikan konsumsi.

  1. Pemijahan Ikan Air Tawar

Dalam usaha ternak ikan air tawar, pemijahan adalah proses paling sulit seta perlu pengetahuan dan pengalaman yang cukup supaya proses pemijahan dapat berhasil. Proses pemijahan dilakukan mulai dari mengawinkan sampai menetaskan telur-telur hasil pemijahan. Proses pemijahan lebih baik dilakukan sesuai kondisi dari jenis ikan yang bersangkutan (yang akan dipijah).

  1. Pemberian Pakan Ikan Air Tawar

Dalam budidaya ikan air tawar, jenis pakan yang diberikan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan jenis ikan air tawar itu sendiri untuk mendukung pertumbuhannya. Pada dasarnya, tidak semua jenis ikan membutuhkan jenis pakan yang sama, karena setiap ikan membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda-beda.

Hal inilah yang menjadikan para pembudidaya sering kali mengalami kegagalan dalam budidaya ikan air tawar, karena pemberian pakan yang tidak tepat sesuai dengan anjuran sehingga dapat menyebabkan pertumbuhannya terganggu dan bahkan dapat memicu kematian.

  1. Pemeliharaan Kolam Ikan Air Tawar

Bagi Anda yang membudidayakan ikan air tawar pada kolam terpal, menjaga kebersihan kolam merupakan hal penting yang harus diperhatikan dan dilakukan secara rutin. Budidaya ikan air tawar pada air kolam yang terjaga kebersihannya dapat menghasilkan ikan yang sehat dan memiliki pertumbuhan yang maksimal. Namun jika kolam ikan tidak pernah diperhatikan kebersihannya, maka ikan-ikan akan mudah terserang penyakit dan bahkan memicu kematian.

Itulah cara ampuh berternak ikan air tawar yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua yang baru akan memulai usaha ternak ikan.