Cara Budidaya Ikan Gurame Kolam Terpal yang Benar untuk Pemula

Cara Ternak Ikan Gurame – Mungkin  anda sudah banyak mendengar mengenai budidaya ikan gurame. Ikan yang terkenal dengan harganya yang mahal dan banyak diminati oleh masyarakat ini, sebenarnya sangat mudah untuk di  budidayakan.  Tidak harus mengeluarkan modal yang besar untuk usaha membudidayakan ikan gurame. Dengan modal yang kecil dan memanfaatkan lahan seadanya, anda dapat melakukan budidaya ikan gurame sendiri. Nah, pada kesempatan kali ini disini saya akan membahas sedikit mengenai budidaya ikan gurame dengan menggunakan kolam terpal.

Selama ini membudidayakan ikan gurame  identik dengan tempat yang luas, berbentuk kolam tanah dan air yang terus mengalir. Tetapi yang perlu anda ketahui dalam membudidayakan ikan gurame ternyata dapat dilakukan dengan kolam media terpal. Pada dasarnya budidaya ikan gurame sama dengan membudidayakan ikan lainya, yang dibutuhkan yaitu air yang memadai.

Kolam terpal memang tidak seideal dengan kolam tanah, namun perlu anda catat bahwa menyetting keadaan kolam sesuai dengan apa yang dikehendaki ikan gurame, intinya sama saja supaya ikan nyaman dan dapat berkembangbiak dengan baik. Dan belum tentu budidaya ikan gurame di kolam tanah akan lebih baik dibandingkan dengan kolam terpal. Semua tergantung  dari perawatan yang anda lakukan.

Pembuatan kolam terpal untuk membudidayakan ikan gurame sebenarnya sangat fleksibel, yaitu dapat anda sesuaikan dengan kondisi tempatnya. Apabila anda memanfaatkan pekarangan, bekas kebun ataupun sawah maka untuk pembuatan kolam terpal harus memperhatikan kedalaman dan luas kolam. Sebaiknya (kedalaman x luas)  sebanding dengan jumlah ikan yang akan dibudidayakan. Setiap 1 m² dengan kedalaman 90 cm kolam sebaiknya di isi dengan 10 ekor ikan gurame, untuk itu berar rata-rata ikan gurame adalah 2,5 ons.

Apabila bibitnya lebih kecil ataupun lebih besar tinggal anda sesuaikan sendiri. Perlu diingat bahwa dalam pembuatan kolam terpal untuk budidaya ikan gurame, harus mempunyai filter dan caranya untuk mengaliri kolam (arus buatan).

Cara untuk pembuatan kolam terpal dalam membudidayakan ikan gurame hampir sama dengan kolam terpal untuk membudidayakan ikan air tawar yang lainya, yang membedakannya adalah kolam terpal budidaya ikan gurame sangat membutuhkan sirkulasi air (filter)

10 Keunggulan Kolam Terpal Budidaya Ikan Gurame

  1. Dapat di bagun dimana saja, lokasi pembuatan tidak perlu seideal seperti pembuatan kolam konvensional.
  2. Kolam terpal lebih mudah untuk dibersihkan dan di pindah-pindah sesuai keingin Anda
  3. Pengontrolan terhadap ikan dapat dilakukan secara intensif
  4. Sanitasi air kolam dan sirkulasi air dapat diatur sedemikian rupa
  5. Tingkat mortalitas (kematian ikan) lebih rendah di bandingkan tingkat kelangsungan hidup ikan gurame.
  6. Pertumbuhan ikan bisa dipacu lebih cepat, karena pengontrolan lebih mudah
  7. Serangan penyakit lebih mudah diatasi dan penanganan bisa dilakukan secara cepat.
  8. Hasil panen budidaya gurame kolam terpal tidak berbau lumpur
  9. Secara financial biaya pembuatan kolam lebih murah tentunya
  10. Pemeliharaan ikan serta perawatan kolam akan semakin memudahkan Anda.

Di atas adalah keunggulan yang dapat Anda peroleh dari pembuatan kolam terpal budidaya gurame. Selain digunakan untuk pembesaran ikan gurame, kolam terpal juga bisa memiliki multi fungsi. Anda dapat gunakan kolam terpal untuk proses pemijahan, pembenihan, dan pendederan benih ikan. Pastinya kolam terpal lebih efektif dan efisien.

Cara Pembuatan Kolam Terpal Dalam Budidaya Gurame

Cara membuat kolam terpal untuk budidaya gurame, dapat Anda lakukan dengan menggunakan berbagai macam cara. Berdasarkan cara membuat kolam terpal terbagi menjadi empat metode pembuatan yaitu:

  1. Metode kolam terpal berdinding tanah
  2. Metode kolam terpal berkerangka kayu, bambu, atau besi
  3. Metode kolam terpal berdinding batu bata
  4. Metode kolam tanah atau beton berlapis terpal

Dari ke empat model kolam terpal, tergantung Anda sekarang, akan mengunakan cara yang mana untuk menjalankan budidaya gurame? Tentunya cari yang paling mudah menurut Anda, dan gunakan insting untuk menentukan langkah terbaik dalam budidaya gurame.

Berikut ini tahapan-tahapan cara pembuatan terpal untuk budidaya gurame meliputi :

  1. Siapkan terpal dengan membeli di toko terdekat, untuk ukuran sesuaikan dengan ukuran kolam yang akan Anda buat.
  2. Pilih jenis terpal yang (out door), biasanya lebih tebal dan tahan lama saat digunakan.
  3. Siapkan kerangka untuk pembuatan kolam (untuk kolam terpal berdinding kayu atau batu bata).
  4. Jika kolam model penggalian maka, buat lubang dengan kedalaman 1-1,5 m dan panjang disesuaikan ukuran terpal atau tempat yang Anda miliki.
  5. Selanjutnya pasang terpal, namun sebelum terpal dipasang sebaiknya terpal dicuci dulu untuk menghilangkan zat pewarna yang masih menempel pada terpal.
  6. Pemasangan terpal harus menutupi segala sisi-sisi kolam. Untuk mempermudah pemasangan terpal, Anda bisa mengaliri air sedikit demi sedikit, karena terkadang cukup sulit menata terpal supaya rapi.
  7. Lebihkan terpal agar bisa memasang pasak atau pemberat pada bagian tepi kolam.
  8. Setelah kolam siap aliri air secara bertahap, jangan mengunakan air PDAM karena kandungan kaporitnya cukup tinggi. Hal itu sangat berbahaya bisa menyebabkan budidaya gurame Anda bangkrut lebih awal akibat kematian bibit.
  9. Sebaiknya gunakan air sumur atau sungai yang menurut Anda bersih, berikan garam dengan takaran 2 ons/m2 untuk membunuh pathogen yang terbawa pada terpal.
  10. Pasang filter pada ujung pojok kolam, untuk mengaliri dan mengatur kondisi air.
  11. Diamkan kolam hingga 3-5 hari, setelah itu masukan bibit ikan gurame. Bibit budidaya gurame dengan kolam terpal yaitu 10 ekor bibit/ m.

Setelah kolam terpal selesai, maka langkah budidaya gurame selanjutnya yaitu, lakukan pemeliharaan secara intensif pada bibit ikan dengan memberi makan secara teratur, Anda bisa memberikan makanan tambahan selain pelet yaitu berupa daun talas, keladi, dan konsentrat tambahan lainnya, untuk membatu mempercepat pertumbuhan ikan.

Dengan memahami cara membuat kolam terpal untuk budidaya gurame, semoga dapat menginspirasi Anda untuk menjalankan usaha Budidaya gurame.