Budidaya Ikan Koi untuk Pemula Agar Sukses Tidak Gampang Mati

Cara Ternak Ikan Koi – Ikan koi adalah sejenis ikan hias yang menjadi primadona dan memiliki harga jual yang sangat tinggi. Dengan harga yang sangat tinggi tersebut dapat menjadi daya tarik yang tersendiri untuk membudidayakan ikan ini.

Dengan harga yang tinggi dan kemudahan dalam pembudidayaannya, maka tak jarang banyak petani yang mendapatkan keuntungan berlimpah. Agar lebih mempermudahan pemahaman kita mengenai ikan koi, disini saya akan mengulas beberapa hal yang berhubungan dengan ikan koi supaya dalam membudidayakannya.

Budidaya Ikan Koi

Dalam membudidayakan ikan koi, akan saya jelaskan bagaimana teknik untuk bisa membedakan induk serta cara merawatnya.

1. Memilih Indukan

Saat memilih indukan koi pastikan memilih koi yang sudah matang kelamin. Maksudnya adalah bagi indukan jantan sudah menghasilkan  sperma sedangkan untuk indukan koi betina sudah bisa menghasilkan sel telur yang matang.

2. Perhatikan Fisik Ikan

Fisik ikan untuk indukan ikan koi yang akan dibudidayakan harus bagus. Maksudnya adalah indukan yang memiliki fisik yang bagus, sirip serta sisiknya lengkap atau tidak dan yang palin penting perhatikan juga gerak ikan koi saat berenang haruslah lincah dan seimbang. Supaya tidak bingung, anda dapat memilih indukan yang berumur dua hingga tahun. Ciri-ciri ikan betina adalah perutnya  yang lebih besar dibandingkan dengan ikan jantan, ukuran badannya juga lebih besar. Sedangkan ikan koi jantan, kita dapat mengetahuinya mulai dari bentuk badannya yang lebih ramping dan memiliki perut yng rata. Sirip dari ikan koi jantan bewarna nintik-bintik putih.

3. Pemisahan Indukan

Dalam membudidayakan ikan koi maka indukan harus ditempatkan sendiri dengan ikan-ikan yang lainnya. Normalnya seekor ikan koi indukan betina bisa dipasangkan dengan tiga ekor indukan koi jantan. Supaya menghasilkan anak dari indukan bagus, sebaiknya memilih ikan yang memiliki ciri fisik biasa saja tetapi tetap mempunyai sifat unggul. Maksud sifat unggul adalah ikan yang mempunyai warna yang pekat. Untuk menyeleksi benit, nantinya  bisa dipilih mana ikan yang bgaus dan mana ikan yang kurang bagus.

Jenis Ikan Koi

Ikan koi memiliki banyak jenis. Beberapa  jenis dari ikan koi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gosanke

Ciri dari ikan koi ini adalah memiliki warna hitam, merah dan putih.  Ikan koi ini termasuk dalam kategori Gonsake  yaitu Kohake, Sanke dan Showa.

Pada kategori Kohaku mempunyai ciri pada pola warnanya. Warna ikan pada jenis ini yaitu merah dan putih. Walaupun ada berbagai macam pola pada Kohaku namun kohaku yang baik mempunyai ciri pada pola warnanya yang tidak turun melewati mata ikan memiliki kombinasi yang seimbang.

Ikan koi jenis Sanke mempunyai pola yang sama dengan Kohaku. Ciri pada warna hitam pada sepanjang punggung. Sanke adalah jenis ikan koi hasil persilangan dari Ikan jenis Kohaku dengan Shiro Bekho.

Dan kategori terakhir yaitu Showa. Showa memiliki warna hitam, merah serta putih. Ini merupakan hasil persilangan dari Kohaku dan Shiro Utsuri.

2. Bekho

Yang termasuk kategori Bekho yaitu Shiro Bekho, Ki Bekho, dan Aka Bekho. Shiro Bekho merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna putih dan hitam kecil-kecil. Tetapi warna hitam pada Shiro Bekho tajam dan seimbang. Ki Bekho memiliki warna kuning dan hitam. Warna kuning pada ikan jenis ini tajam serta warna hitamnya juga tajam dan seimbang.

Warna ini lebih jarang daripada Shiro Bekho. Sedangkan Aka Bekho memiliki warna yang menarik yaitu merah dan hitam. Warna merah lebih dominan dan warna hitam membentuk spot sehingga menarik perhatian bagi yang melihatnya.

3. Utsurimono

Yang termasuk kategori Utsurimono yaitu Shiro Utsuri, Ki Utsuri, Hi Utsuri. Shiro Utsuri memiliki pola warna yang menarik, yaitu hitam dan putih. Warna putih lebih dominan daripada hitam. Bagian kepalanya berwarna hitam dan putih. Warna ikan jenis ini pada kepalanya harus terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan putih.

Jenis ikan Ki Utsuri mempunyai pola warna yang hampir mirip dengan Shiro Utsuri. Hanya saja ki Utsuri memiliki warna kuning dan hitam. Warna kuning lebih dominan daripada hitam. Dan yang terakhir yaitu Hi Utsuri memiliki warna merah dan hitam. Warna hitam lebih dominan daripada warna merah sehingga membuat warnanya lebih menarik serta unik.

Sebenarnya masih banyak jenis ikan koi yang lain yaitu Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, Kawarimono, dan Hajiro. Namun pada umumnya jenis ikan yang sering dibudidayakan adalah ketiga jenis ikan di atas.

Kolam Ikan Koi

Budidaya ikan koi tidak lengkap tanpa adanya kolam. Kolam merupakan bagian utama dalam budidaya ikan karena hidupnya di air. Untuk dapat membuat kolam, kita perlu untuk mencoba tekniknya.

1. Cara membuat kolam

Untuk dapat membuat kolam, pertama-tama yang harus disiapkan yaitu tempat atau lokasi. Tempat sangat menentukan bentuk kolam serta konstruksinya. Tempat yang dapat dipilih yaitu di dalam atau di luar ruangan.

Perhatikan juga kedalaman kolam. Sebaiknya dalam kolam kurang lebih 70 hingga 100 cm. Hal ini karena jika ikan sudah besar dapat bergerak bebas dan tumbuh dengan maksimal.

Jangan lupa juga membangun sistem filter dengan kemiringan sekitar 40% agar sirkulasi untuk menyaring kotoran dapat terarah pada lubang filter sehingga memudahkan penyaringan kotoran. Dengan sistem filter yang baik maka suasana kolam juga terlihat bersih dan nyaman.

2. Hal yang harus diperhatikan setelah kolam jadi

Setelah kolam jadi maka kita juga harus memperhatikan hal-hal penting agar koi dapat hidup lebih lama. Diantaranya yaitu mengisi air ke kolam menggunakan kondisioner air. Air harus diganti seminggu sekali agar selalu bersih dan harus memastikan bahwa filter lancar. Pemberian makan ikan sebaiknya tiga kali sehari agar ikan tidak kelaparan serta perhatikanlah suhu pada kolam baik ketika kemarau maupun musim hujan.

Harga Ikan Koi

Ikan koi memiliki harga yang bervariasi. Harga ikan koi tergantung pada kualitas ikan. Kita dapat mengetahui harga yang termahal sampai termurah berdasarkan jenisnya juga.

  1. Termahal

Harga yang termahal sedunia yaitu jenis ikan koi Koi Ginrin Showa. Ikan ini berasal dari Jepang dan mempunyai panjang 75 cm. Pada tahun 1986 ikan ini mempunyai harga sebesar 50.000 Pounsterling.

  1. Termurah

Sedangkan ikan termurah yaitu sebesar Rp. 2000,00 dengan panjang sekitar 3cm-5cm. Ikan termurah ini dapat kita temukan pada peternak ikan koi yang ada di sekitar kita.

Demikian beberapa ulasan tentang ikan koi. Memang keindahan ikan koi dapat menarik perhatian bagi yang melihatnya sehingga siapapun yang akan suka dengan warna dan bentuknya. Semoga dengan mengetahui budidaya ikan koi, kolam ikan koi, jenis ikan koi, harga ikan koi dapat bermanfaat bagi kita.