Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

Cara Mengawinkan Cupang – Ikan cupang merupakan ikan jenis air tawar yang saat ini banyak digemari masyarakat. Ikan cupang memiliki kelebihan yang ikan lain tidak punya, seperti sirip indah yang terdapat pada seluruh tubuhnya dengan corak warna yang beraneka ragam menjadikan ikan ini banyak dimintai. Selain itu, ikan cupang memiliki daya tahan tubuh yang kuat bahkan pada air yang memiliki kadar asam tinggi. Ikan cupang sendiri merupakan jenis ikan yang agresif, dan termasuk ikan yang sangat menjaga wilayah di sekitarnya. Lalu, bagaimana cara mengawinkan ikan cupang? Bukankah bila ada ikan lain mendekat akan membahayakan?

Harus ada persiapan sebelum ikan cupang akan dikawinkan. Langkah pertama adalah kita harus menyiapkan ikan cupang yang usianya telah mencukupi. Biasanya usia 4 bulan sudah dapat dikawinkan, tetapi hasilnya kurang memuaskan, direkomendasikan untuk mengawinkan ikan cupang saat sudah berusia 6 bulan keatas. Tandanya ikan cupang sudah siap kawin yaitu timbul gelembung-gelembung udara (cupang jantan) dan timbul bintik putih di perut serta perutnya nampak gendut (cupang betina).

Langkah selanjutnya adalah persiapan media pemijahannya. Alat dan bahan yang diperlukan adalah :

  • Ember/toples/botol. Pilih tempat yang lumayan besar supaya cupang betina bisa dengan cepat melarikan diri saat cupang jantan sedang galak agar cupang betina tidak mengalami cidera yang serius, selain itu agar cupang jantan dan betina lebih leluasa melakukan perkawinan.
  • Tempat telur. Dapat berupa ijuk, tali ravia, dll. Fungsinya untuk menaruh gelembung tempat telur.
  • Air bersih. Gunakan air bersih tentunya.

Setelah bahan sudah siap, langkah-langkah untuk mengawinkannya adalah :

  1. Masukkan air bersih dalam ember/wadah lain. Letakkan di tempat sejuk, hindari terkena sinar matahari secara langsung.
  2. Letakkan media untuk menyimpan telur diatasnya, bisa berupa tali rafia, plastik, sterofoam, dll.
  3. Masukkan cupang jantan dulu, lalu biarkan sekitar 5-10 menit untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Untuk hasil maksimal, biarkan selama sehari penuh.
  4. Masukkan cupang betina dalam gelas aqua dan letakkan di tengah-tengah ember biar cupang jantan bisa melihat cupang betina lalu PDKT. Biarkan selama 3 hari hingga cupang jantang mengeluarkan gelembungnya.
  5. Setelah gelembungnya banyak, lepaskan cupang betina dari gelas aqua. Apabila cupang jantan sudah siap, maka cupang jantan akan merayu cupang betina untuk melakukan perkawinan.
  6. Apabila cocok, ikan cupang akan melakukan perkawinan dengan cara saling melilitkan tubuhnya hingga telur akan jatuh dari cupang betina dan cupang jantan akan mengambilnya dan meletakkannya dalam gelembung yang sudah dibuat.
  7. Bila cupang jantan telah mengusir cupang betina, segera pisahkan, jika tidak maka cupang betin akan memakan telurnya sendiri.
  8. Biarkan cupang jantan menjaga telur tersebut hingga menetas, sekitar seminggu lamanya.

Tag:

cara mengawinkan ikan cupang,cara membuat ikan cupang betina cepat bertelur,ikan cupang jantan yg cukup kawin,ikan cupang,cara supaya cupang cepat bertelur,Cara perkawinan ikan cupang,cara mengawinkan ikan laga hingga bertelur,cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur,cara agar ikan cupang betina banyak bertelur sebelum kawin,cara mengawinkan cupang