Cara Memandikan Kucing Di Rumah Dengan Mudah

Cara Memandikan Kucing Kampung – Memandikan kucing adalah salah satu aktivitas yang harus dilakukan untuk menjaga kita agar bersih dan terbebas dari kuman juga tidak terkena penyakit, namun cara memandikan kucing harus teliti supaya kucing nyaman. Layaknya manusia, kucing sendiri juga perlu untuk membersihkan diri dari kotoran. Selain membersihkan, memandikan kucing juga dapat membuat bulu kucing menjadi bersih, sehat dan bagus. Biasanya kucing akan membersihkan diri dengan cara menjilati tubuhnya, namun cara itu tidak cukup untuk membersihkan kucing dari jamur, kutu, kotoran dan juga bakteri yang dapat membuat kucing menjadi tidak sehat dan lucu.

Cara memandikan kucing sebenarnya cukup mudah, tetapi pasti ada kendala sedikit seperti kucing takut air, berontak, bahkan mencakar kita sehingga kucing menjadi galak dan susah diatur. Oleh sebab itu, sering-seringlah untuk memandikan kucing, minimal 1 minggu 2x apabila kucing sudah terbiasa mandi maka kucing akan selalu ingin mandi saat badannya merasa kotor, gatal ataupun risih. Dan setelah kucing selesai dimandikan maka kucing akan lebih sering tidur dan santai, kerajaannya hanya makan dan tidur karena kenyamanan kucing setelah ia dimandikan.

Perlu diperhatikan :

Tips ini hanya untuk kucing yang sudah berumur atau dewasa (lebih dari 3 bulan). Bukan untuk anak kucing saja bahkan juga untuk anak kucing yang baru lahir. Dan untuk kucing yang sedang menyusui, lebih baik jangan dimandikan sampai tidak menyusui. Maka cukup dibersihkan saja dengan cara menyikat bulunya, karena kucing yang menyusui sangat rentan penyakit dan akan sedikit berbeda untuk anaknya.

Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah :

Menyiapkan Alat Mandi :

  • Persiapan wajib untuk memandikan kucing
  • Ember yang berisi air hangat
  • Sampo kucing, bukan sampo manusia
  • Bedak yang khusus untuk kucing dan parfum kucing
  • Sisir
  • Blower (sebaiknya menggunakan alat ini dibandingkan dengan Hair Dryer)
  • Handuk
  • Cottonbuds
  • Handuk lembut atau handuk yang khusus

Opsional :

  • Baby Oil
  • Bedak Bayi (alternatif jika tidak mempunyai bedak yang khusus untuk kucing atau parfum)
  • Kanebo (Alternatif handuk) atau gombal

 

1.Langkah – Langkah memandikan kucing

Membasahi  Seluruh Tubuh Kucing

Terlebih dahulu yang harus kita lakukan adalah membasahi semua bagian tubuh kucing dengan menggunakan air hangat secara perlahan yang dan merata sampai ke kuli, namun jangan sampai ke telinganya kemasukan air, sebaiknya dibasuh dengan tangan saja di kusuk.

Pakai shampoo

 

Gunakan shampoo khusus kucing untuk mengusap-usap tubuh kucing. Usaplah merata hingga seluruh tubuh, namun hindari area mata, hidung dan mulut.

Membilas

Setelah itu bilas bulu kucing hingga bersih dari shampoo dan kotoran. Supaya kucing Anda merasa nyaman disarankan untuk membilasnya mengunakan air hangat.

Keringkan bulu kucing

Jika sudah bersih, langkah berikutnya adalah mengeringkan tubuh kucing. Anda dapat menggunakan handuk lembut. Gosok bagian tubuh secara perlahan hingga kering. Anda juga dapat memakai blower supaya lebih cepat kering.

Sebenarnya juga bisa memakai haid dryer. Hanya saja kucing tidak terlalu suka. Untuk cara alternatifnya bisa dengan menjemur kucing di bawah sinar matahari, namun jangan terlalu lama agar kucing tidak kepanasan.

Membersihkan telinga kucing

Setelah kucing kesayangan anda mandi, dianjurkan untuk membersihkan telinganya menggunakan Cottonbuds dipadukan dengan Baby oil atau Cottonbuds saja sebenarnya sudah cukup. Bersihkan seperti layaknya telinga manusia, pelan-pelan saja supaya si kucing tidak merasa sakit, telinga wajib dibersihkan karena di telinga kucing rawan kotoran dan kuman serta kawanya karena dapat membuat telinga kucing terinfeksi bisa korengen atau luka yang dibuat si kucing karena telinga sangat gatal sehingga di garuk hingga luka.

Jangan lupa untuk membersihkan telinga kucing. Bisa dengan menggunakan cottonbud. Telinga kucing perlu dibersihkan karena bagian ini sering sekali kotor. Akan tetapi ketika membersihkannya lakukan dengan perlahan supaya kucing betah.

Memotong kuku kucing

Kuku kucing terkenal tajam, maka dari itu Anda perlu memotongnya secara berkala. Di petshop dijual pemotong kuku kucing yang bisa Anda beli. Menggunakan pemotong kuku ini bisa memudahkan Anda ketika ingin memotong kuku kucing. Selain itu Anda juga bisa menggunakan pemotong kuku manusia, namun lakukan dengan hati-hati.

Waktu Memandikan Kucing

Pada umumnya memandikan kucing dilakukan setiap satu minggu sekali. Akan tetapi juga bisa satu bulan sekali, tergantung bagaimana kondisi bulu kucing. Jika tidak memiliki waktu Anda bisa membawanya ke petshop untuk memandikannya.