Menghilangkan Kutu Kucing, Obat Kutu Kucing Yang Paling Ampuh

Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing – Kutu pada kucing  memang menjadi masalah yang sangat serius apabila tidak segera ditangani. Kutu yang dibiarkan akan berkembang biak yang tentunya dapat membuat kucing merasa gatal, kemudian menggaruk dan bahkan kucing menggigit tubuhnya sendiri. Apabila hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kucing akan lecet dan dapat timbul alergi serta infeksi sekunder.

Cara Mudah Membasmi Kutu dan Telur Kutu pada Kucing

Untuk mengatasi kutu ataupun telur kutu ada beberapa cara yang dapat anda gunakan, supaya kucing di rumah terbebas dari kutu. Berikut ini adalah tips ampuh untuk membasmi kutu kucing hingga ke akarnya.

Gunakan Minyak Telon

Minyak telon bisa menjadi senjata yang cukup ampuh dalam mebasmi kutu pada kucing. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak telon di bagian kulit kucing yang menjadi sarang kutu. Oleskan minyaktelon secukupnya, supaya tidak sampai masuk ketubuh kucing saat kucing menjilat tubuhnya. Bagian yang sering menjadi sasaran kutu adalah ketiak kucing.

Menyisir Bulu Kucing

Kutu kucing dapat diusir dengan mudah saat kita menyisir kucing setelah mandi. Gunakan sisir bulu yang cocok dengan bulu kucing kita, lalu sisirlah secara menyuluruh dan merata sampai kutu bersih dari kulit kucing. Lakukan kegiatan menyisir bulu kucing ini secara rutin utuk mecegah kutu hinggap kembali ke tubuh kucing.

Bersihkan Lingkungan Rumah dan Kandang

Area bermain kucing merupakan salah satu tempat dimana kucing banyak melakukan aktivitas. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kebersihan kandang kucing dan rumah kita. Rumah ataupun kandang kucing yang kotor menjadi tempat favorit bagi kutu untuk berkembangbiak, sebaliknya rumah yang bersih akan terbebas dari kutu.

Cara Membasmi Kutu dan Telur Kutu pada Kucing Secara Alami

Selain beberapa tips dalam membasmi kucing yang sudah disebutkan di atas, anda juga dapat menggunakan bahan-bahan yang alami untuk membersihkan kucing anda dari gangguan kutu yang menyebalkan. Berikut ini adalah beberapa cara membasmi kutu kucing secara alami :

Basmi Kutu pada Kucing dengan Air Cuka

Kutu sangat tidak meyukai aroma dari cuka, maka dari itu anda bisa memanfaatkan bahan ini untuk membasmi kutu pada kucing. Caranya adalah dengan mencampurkan air dan cuka sengan perbandingan 50:50 , lalu panaskan dengan api sedang. Setelah itu, masukkan kedalam botol semprot dan semprotkan pada bagian tubuh kucing yang menjadi sarang kutu. Pada saat penyemprotan, usahakan tidak mengenai bagian mata dan masuk ke telinga kucing.

Garam

Siapa yang menyangka garam bisa dipakai untuk membasmi kutu kucing. Jika mencari obat kutu kucing yang murah meriah, maka Anda bisa memanfaatkan garam ini. Garam bisa dipakai untuk membasmi kutu hingga larva dan telur kutu. Caranya Anda hanya perlu menambahkan beberapa sendok garam ke dalam air hangat. Setelah itu rendam kucing pada larutan air garam tersebut.

Bedak Anti Jamur atau Spray Anti Kutu

Anda juga bisa menggunakan bedak atau spray anti kutu ini untuk menghilangkan kutu pada kucing. Cara menggunakannya tidaklah rumit, Anda bisa membaca aturan pakainya pada kemasan. Janan lupa untuk membaca cara pemakaian supaya pengobatan bisa berlangsung efektif.

Gunakan Alat Mandi Anti Kutu

 

Cara membasmi kutu kucing yang satu ini jua tidak kalah mudah. Anda cukup memandikannya dengan memakai shampo anti kutu. Anda bisa membeli shampo ini di pet shop. Tidak hanya kutu saja, shampoo ini juga bisa menghilangkan telur kutu yang terselip di tengah-tengah bulu kucing. Jika tidak punya cukup waktu Anda bisa membawanya ke petshop untuk memandikannya.

Gunakan Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya dengan tambahan sedikit cabe rawit bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan kutu pada kucing. Caranya tidaklah rumit, blender lidah buaya dengan cabe rawit. Setelah itu semprotkan ke bagian kucing yang terdapat kutu.

Gunakan Tanah Diatom

Tanah diatom dapat Anda beli di petshop terdekat. Tanah diatom ini mempunyai efek untuk mengusir kutu yang ada disekitar rumah. Untuk memakainya cukup taburkan tanah diatom di sekitar rumah, di sekitar kandang kucing, di area litter box dan tempat-tempat lain yang sering ditempati kucing kesayangan.

Obat Tetes Pembasmi Kutu

Cara membasmi kutu kucing berikutnya dengan memanfaatkan obat tetes. Sebelum memutuskan memakai obat ini jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau penjual obat. Jangan lupa juga untuk membaca cara pemakaian.

Vaksin Ivermectin

 

Anda juga bisa memakai vaksin Ivermectin. Khusus metode ini Anda perlu membawa kucing ke dokter hewan. Fungsi vaksin ini untuk membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu. Hanya saja kurang efektif untuk mengatasi telur kucing. Akan tetapi jangan gunakan vaksin ini pada anak kucing yang masih berumur 3 bulan karena dapat mengalami efek samping yang berbahaya.