Cara Merawat Hamster Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar

Cara Perawatan Hamster – Hamster merupakan hewan sejenis tikus yang banyak dipelihara karena memiliki bulu yang halus dan lucu. Perawatan hamster sendiri cenderung mudah, hal ini dikarenakan sifat bawaannya ataupun karena bentuknya yang kecil sehingga akan memudahkan kita dalam merawat ataupun membawanya kemana-mana. Apakah anda sedang memelihara hamster?

Oke disini saya akan memberikan informasi mengenai cara merawat hamster, supaya kita terhindar dari kesalahan yang bisa mengakibatkan efek yang tidak baik untuk hamster kita. Perlu saya sampaikan kepada para pecinta hamster bahwa pentingnya merawat hamster baik dari makanan ataupun cara memperlakukan hamster kita dengan baik, bagi anda yang ingin memelihara hamster maka anda harus berkomitmen untuk menjaga dan merawatnya.

Cara Merawat Hamster

Sebelum anda memutuskan untuk memelihara hamster, sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu jenis hamster yang akan anda pelihara. Jenis hamster sendiri ada beberapa macam, silahkan ditanyakan kepada toko hewan yang dipercaya. Setelah anda menentukan jenis hamster yang ingin anda pelihara berikut adalah cara merawatnya :

  1. Kandang

Kandang merupakan tempat tinggal hamster, jadi sehat ataupun sakitnya hamster salah satunya adalah karena kondisi dalam kandang. Untuk mempersiapkan kandang hamster, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu alas kandang, ukuran kandang dan kebersihan kandang. Beri alas kandang hamster anda dengan serbuk kayu atau bisa juga sekam bekas gilingan padi dengan tujuan untuk menyerap air seni dan kotoran hamster, sehingga bau dari kotoran dan air seninya tidak akan tercium tajam.

Sesuaikan ukuran kandang hamster dengan hamster yang akan anda pelihara dan berikan ruang yang cukup luas bagi hamster untuk bergerak karena hamster sangat senang berlarian. Bersihkan kandang hamster secara rutin, minimal seminggu sekali atau jika kandang sudah terlihat kotor dan perlu mengganti alas kandang dan jangan sampai ada makanan sisa pada hamster.

2.Makanan dan Minum

Pilihlah makanan yang cocok untuk hamster, bisa berupa sayur-sayuran dan buah. Namun apabila sering-seringan akan membuat pencernaan hamster tidak bagus yaitu kotoranya tida keras namun cair. Makanan pokok untuk hamster adalah biji-bijian seperti biji matahari, jagung kering dan lain-lain. Berikan tempat yang khusus untuk makan, dapat berupa wadah dan tempat minum. Jangan sekali kali di tebar dalam kandang, karena makanan yang busuk bisa jadi termakan oleh hamster dan akan mengakibatkan penyakit pada hamster.

3. Mainan

Anda bisa menambahkan mainan khusus hamster seperti hamsterball, rantai atau tali untuk memanjat. Tujuannya supaya hamster banyak gerak dan membuatnya lebih senang.

4. Pemeliharaan

 

Disarankan untuk menjemur hamster di cahaya matahari yang redup, bukan terik. Jika ingin memandikan hamster, yang dilakukan adalah menyediakan wadah dengan sedikit air kira-kira sampai setinggi kaki hamster. Setelah itu masukkan hamster supaya berendam.