Cara Merawat Ikan Cupang Yang Benar Agar Cepat Besar

Cara Merawat Ikan Cupan – Ikan cupang adalah salah satu ikan air tawar yang cukup mudah dalam hal perawatannya. Ikan cupang bisa ditempatkan pada akuarium dengan berbagai ukuran, mulai dari sebesar toples selai roti sampai akuarium yang besar. Ikan ini juga tidak membutuhkan alat sirkulasi udara seperti ikan lainnya. Walaupun tidak rewel, tetapi kita harus merawat ikan ini dengan baik dan benar. Dengan perawatan yang baik, tentunya ikan ini bisa tumbuh dengan sehat dan tidak akan mudah terserang penyakit. Berikut ini adalah beberapa tips memelihara ikan cupang.

1.Memilih Akuarium

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa ikan cupang dapat hidup didalam akuarium dengan ukuran apa saja. Tetapi  karena cupang termasuk jenis ikan soliter, maka lebih baik untuk memeliharanya di akuarium yang berukuran kecil saja, misalnya yang berdiameter 20 x 15 x 15 cm. Yang dikhawatirkan apabila kita memeliharanya di akuarium yang berukuran besar tentunya akan membuang-buang tempat saja karena ikan ini sulit untuk diletakkan dalam satu tempat bersama-sama.

Mereka seringkali akan adu jotos apabila ditempatkan bersama-sama. Akuariumnya tersebut bisa dibiarkan polos atau bisa juga ditambah dengan batu dan tanaman palsu supaya tampak lebih berwarna. Anda dapat meletakkan akuarium tersebut di tempat  dengan suhu yang cukup stabil, tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.

2. Air Akuarium

Dalam urusan air akuariumnya, sangat disarankan untuk menggunakan air sumur. Pasalnya air sumur mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan habitat asli ikan cupang yaitu disawah dan juga rawa-rawa. Akan tetapi jika tidak ada air sumur, anda dapat menggunakan air PAM ataupun sumber air lainya. Namun disarankan untuk mendiamkan terlebih dahulu air tersebut di ember ataupun sejenisnya sebelum memasukannya ke akuarium ikan cupang. Berikutnya, gantilah air tersebut minimal 3 hari sekali. Anda juga bisa mengganti airnya dalam 2 hari sekali atau bhakan sehari sekali. Konon ikan cupang akan lebih baik pertumbuhannya apabila rajin mengganti airnya setiap hari.

Sebelum anda mengganti airnya, silahkan pindahkan air cupang terlebih dahulu ke wadah penyimpanan sementara. Pindahkan ikan cupang tersebut dengan menggunakan saringan yang khusus untuk ikan. Jangan memindahkann ikan dengan tangan sebab dapat merusak sirip dan ekornya yang indah. Setelah ikan dipindahkan, bersihkanlah akuarium tersebut dari kotoran dan lendir-lendir yang menempel. Tapi ingat, janagn mencucinya dengan sabun ataupun deterjen karena bisa meracuni ikan cupang. Cukup membersihkan dengan sponge sampai bersih.

Jika terdapat batu dan benda lainnya, bersihkan juga hingga bersih. Apabila sudah selesai isi kembali dengan air. Tunggu beberapa saat supaya suhu air sama dengan suhu kamar. Bila sudah baru masukkan kembali ikan cupangnya.

3. Menjemur Cupang

 

Anda juga dapat menjemur ikan cupang. Tujuannya supaya ikan lebih segar dan membunuh bakteri dan jamur yang ada pada kulit cupang dan akuarium. Hanya saja untuk ikan cupang dengan warna hitam dominan jangan dijemur supaya tidak panik.

Lakukan penjemuran sekitar pukul 8 sampai 10 pagi. Cukup jemur selama 15-30 menit saja. Jika tampak kepanasan segera masukkan kembali.

4. Memberi Makanan

 

Jangan lupa memberi pakan yang sesuai dengan ikan cupang Anda. Untuk cara memberi pakan cukup taburkan ke dalam akuarium. Berikan pakan secara bertahap. Jika habis, taburkan kembali dengan jumlah yang lebih sedikit. Usahakan tidak ada makanan yang tersisa di air akuarium karena hal itu dapat membuat air kotor.

Waktu pemberian makanan ikan cupang adalah dua kali sehari, pagi dan sore. Usahakan untuk tidak memberinya makanan di malam hari karena dapat mengganggu jam tidurnya.

5. Daun Ketapang

 

Daun ketapang digunakan bila ikan cupang tampak gelisah dan mondar-mandir. Caranya masukkan beberapa helai daun ini, lalu tutup akuarium dengan plastik hitam.

Tidak hanya untuk menenangkan ikan cupang, daun ketapang juga bisa menambah kesan alami pada akuarium. Hanya saja jangan memberikannya terlalu banyak karena dapat membuat air berwarna gelap.

 

Tag:

cara agar ikan cupang cepat besar,cara jemur ikan cupang