Cara Merawat Kelinci, Anggora Di Rumah Untuk Pemula

Pelihara Kelinci – Ada beberapa cara untuk merawat kelinci anggora dengan baik supaya kelinci tetap dalam kondisi yang sehat dan segar. Kelinci merupakan hewan yang dipelihara keindahan bulu dan bentuknya. Tentunya anda tidak mau kan kelinci anda menjadi sakit? Nah berikut ini saya akan membagikan tips untuk merawat kelinci anggora.

Merawat Kelinci Anggora

Disini akan membahas mengenai beberapa hal yang diperlukan oleh kelinci anggora, antara lain:

Kandang

Yang harus diperhatikan dari kandang yaitu :

  • Ukuran

Kandang sebaiknya disekat untuk memisahkan kelinci yang satu dengan kelinci yang lainnya terutama bagi jantan, karena jantan sangat suka berkelahi dan itu dapat mengakibatkan luka. Ukuran yang direkomendasikan adalah 50 x 50, namun jika anda memiliki halaman yang lebih sebaiknya kelinci diumbar supaya dapat berlarian dengan bebas dan diberi rumah-rumahan. Terlebih lagi apabila alasnya berupa rerumputan seperti rumput gajah ataupun rumput jepang. Berikan ruang gerak supaya tidak stress dan jauhkan dari tanah yang basah atau becek.

  • Kesehatan

Kandangnya tidak boleh lembab, bersihkan dan jemur kandang sesering mungkin supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikan alas pada kandang sehingga kotoran tidak akan terinjak-injak.

Makanan

Menjaga pola makanan kelinci anggora merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatannya. Beri makanan kelici dengan pola yang teratur. Makanan yang baik untuk kelinci ras yaitu makanan yang tidak mengandung banyak air, sebab jika mengandung banyak air maka urin akan menjadi bau dan timbul berbagai macam penyakit. Atur pola makannya, bisa diberikan pada pagi dan sore ataupun sore dan malam. Sediakan tempat makan dan minum yang baik untuk kelici, supaya makanan tidak tercampur dengan urin ataupun kotoran.

Kebersihan

Memandikan kelinci sesekali juga perlu untuk membersihkan kotoran yang tersembunyi di dalam rambutnya. Untuk memandikan juga mudah, cukup menggunakan air hangat dan shampo. Sediakan air hangat yang kira-kira untuk bayi supaya tidak terlalu panas. Masukkan kelinci tersebut kedalam ember yang sudah diisi air hangat kemudian bersihkan dengan shampo. Setelah itu bilas hingga bersih karena shampo adalah racun bagi kelinci, dikhawatirkan dapat tertelan nantinya. Keringkan dengan menggunakan handuk dan kemudian berikan bedak. Berikan jenis bedak gatal atau bedak bayi lalu berikan setelah bulunya kering.

Penyakit

Tentu Anda tidak ingin kelinci kesayangan terserang penyakit. Maka dari itu tindakan preventif perlu dilakukan. Jika kelinci menunjukkan perubahan perilaku, segera cari tahu kenapa itu bisa terjadi. Bila terserang penyakit Anda bisa membawanya ke dokter hewan untuk mendapat penanganan berikut pemberian obat.