Ikan Cupang Hias Serit Jantan dan Betina yang Ada di Pasaran

Ikan Cupang Hias – Dari beberapa varian ikan hias cupang yang sudah ada, maka  banyak sekali orang-orang yang saat ini berlomba-lomba untuk membudidayakan ikan cupang berbagai macam lagi untuk mendapatkan jenis baru yang semakin cantik dan dapat dijadikan sebagai kontes. Maka tak heran apabila dari breeder semua mancanegara saling memberikan support untuk selalu memperkembangkan ikan serit ini. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan serit yang sangat populer di indonesia.

Ikan Cupang Serit Tunggal (Combtaill)

Dinamakan jenis ikan cupang serit tunggal karena ikan ini dapat ditandai dengan memiliki ciri  pada bagian bentuk serit hanya satu (tunggal). Saat ini, keberadaan ikan cupang ini juga jarang ditemukan  karena sudah banyak ikan cupang yang lebih cantik dan populer.

Ikan Cupang Serit Dua atau Double Ray Crowntail

Kalau untuk  jenis ikan cupang serit dua ini anda masih bisa mendapatkannya, dan masih banyak juga yang memeliharanya. Karena ikan ini termasuk jenis ikan cupang serit yang sangat bagus dan cantik, ikan ini mempunyai ciri bentuk seperti huruf V dan ada juga yang seperti balok.

Ikan Cupang Serit Empat atau Double Double Ray (DDR)

Ikan cupang serit empat atau Double Double Ray (DDR) ini ditandai dengan mempunyai empat serit yang mana seringkali serit-serit ini akan pecah di ujungnya yang menjadi keistimewaan tersendiri dari ikan cupang ini. Karena apabila serit tersebut memudar, maka akan terlihat lebih cantik. Tetapi jika pecahannya tara dan teratur menjadi empat, maka ikan cupang ini disebut sebagai serit empat atau DDR (double double ray). Ikan serit empat memiliki susunan tulang tulang primary dan pecahan ray secondary, serta pecahan ray tertiary pada ekornya. Lainn halnya, apabila pecahannya ngacak menjadi tiga ataupun empat, maka ikan serit ini disebut sebagai Random Ray alias Dji Sam Soem.

Ikan Cupang Serit Delapan atau Double Double Double Ray (DDDR)

Ikan cupang serit delapan adalah jenis ikan cupang serit yang dapat ditandai dengan memiliki delapan serit, yang semua bentuk seritnya rata. Ikan cupang ini juga mempunyai susunan tulang tulang yang primary dan pecahan ray secondary, pecahan ray tertiary hingga pecahan ray quartenary di ekornya. Inilah yang menjadi ciri khas tersendiri dan membedakan antara satu dengan yang lainya.

Ikan Cupang Serit Balon

Serit balon adalah jenis ikan cupang serit yang dapat di tandai dan memiliki ciri-ciri selaput pada ekornya yang lebih antar spasi ray. Sehingga, jika sobat mau melihat ikan cupang serit jenis ini jika sedang berenang akan terlihat menggelembung-gelembung menyerupai balon yang unik dan lucu dalam air maupun di atas air.

Ikan Cupang King Crowntail

Ikan Cupang King Crowntail sebenarnya mirip dengan ikan cupang serit dua atau double ray. Hal yang membedakan dari keduanya adalah ikan cupang serit King Crowntail memiliki serit yang melengkung dan saling menyilang, sedangkan ikan cupang Crowntail seritnya tidak menyilang.

Serta yang menjadi pembedakan dari kedua jenis ini yaitu ikan cupang serit King Crowntail dapat ditandai dengan memiliki serit yang melengkung serta saling menyilang, sedangkan untuk jenis serit dua atau double ray (Crowntail) dapat di tandai dengan memiliki serit tidak berbentuk menyilang.

Ikan Cupang Cross Ray

Ikan cupang Cross Ray dapat di tandai dengan memiliki beberapa ciri-ciri yaitu mempunyai bentuk ray yang mana hampir mirip dengan tanda yang di miliki oleh Ikan Cupang King Crowntail. Hal dasar yang membedakan antara keduanya adalah untuk Ikan Cupang Cross Ray dapat di tandai memiliki serit yang bentuknya saling menyilang, akan tetapi tidak melengkung. Sedangkan, untuk jenis ikan cupang King Crowntail dapat ditandai dengan memiliki serit yang bentuknya saling menyilang dan melengkung.