Ikan Cupang, Harga Dan Jenis Yang Ada Di Indonesia

Jenis Ikan Cupang – Ikan cupang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi warna maupun bentuknya. Beberapa diantaranya ada yang mempunyai warna serta corak yang menarik dan beberapa lainnya ada yang mempunyai bentuk yang indah serta cantik. Ikan cupang sangat agresif mengenai teritorialnya, ikan ini juga suka menyerang ikan lain. Ikan cupang sering juga disebut ikan betta karena memang nama ilmiahnya adalah betta sp. Habitat ikan cupang adalah di air tawar, biasanya pada air yang menggenang seperti rawa-rawa, selokan dan sawah. Ikan cupang dapat hidup di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Untuk ulasan mengenai jenis-jenis serta harga ikan cupang juga akan kita bahas disini. Jenis-jenis serta harganya adalah :

  1. Halfmoon

Halfmoon (sepotonng bulan). Sesuai namanya, ikan cupang jenis halfmoon ini mempunyai bentuk sirip dan ekor yang seakan-akan menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Jika dilihat dari samping, sirip ikan cupang halfmoon ini nampak seperti bulan sebelah, hal ini biasanya memiliki nilai yang lebih bagi para pehobi ikan. Varian warna dari ikan cupang halfmoon ini adalah merah menyala dan kuning. Harga ikan cupang halfmoon sekitar Rp. 5.000 – Rp. 300.000.

  1. Serit (Crown Tail)

Merupakan salah satu jenis ikan cupang hasil ternakan dari breeder Indonesia yang ada di daerah Slipi, Jakarta. Crown Tail (ekor mahkota), dinamai demikian sebab apabila ekornya dibalikkan keatas maka akan seperti mahkota raja, hal ini yang menjadikan ikan serit ini mendunia, karena bentuk ekornya unik dan khas. Harga ikan cupang serit adalah Rp. 5000 – Rp. 300.000.

  1. Laga (Plakat)

Bentuknya kecil dan pendek. Banyak disenangi karena mungkin memiliki bentuk yang unik, imut dan lucu. Ikan ini biasa digunakan untuk bertarung (laga). Harganya berkisar Rp. 5.000 – Rp. 300.000.

  1. Cagak (Double Tail)

Bentuknya hampir menyerupai cupang halfmoon, bedanya adalah cupang cagak ini ekornya terbagi dua (cagak). Harga ikan cupang cagak adalah Rp. 10.000 – Rp. 300.000.

  1. Giant (Raksasa)

Keunikan dari ikan cupang ini adalah ukuran badannya, yakni bisa 3 kali lipat dari ukuran ikan cupang pada umumnya. Harganya sekitar Rp. 50.000 – Rp. 500.000.

 

    1. Cupang Liar

Merupakan jenis ikan cupang asli yang belum mengalami penyilangan/rekayasa genetik. Bisa ditemukan di rawa, selokan dan sawah. Harganya sekitar Rp. 10.000 – Rp. 2.000.000.

Tag:

jenis jenis ikan cupang