Ikan Hias Air Laut, Jenis-Jenis Yang Cantik dan Indah

Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara – Bagi para pecinta ikan hias, memelihara ikan hias air laut didalam akuarium tentunya merupakan hal yang sangat menyenangkan. Selain mempunyai warna dan bentuk yang unik, jenis ikan hias air laut lebih bersifat agresif apabila dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar.

Dalam memelihara ikan hias air laut pun juga tidak semudah memelihara ikan hias air tawar, diperlukan pengetahuan dan  pengalaman yang lebih untuk dapat memeliharanya. Apabila anda ingin mencoba dan memelihara ikan hias air laut, lebih baik anda memilih jenis ikan hias yang dimasukkan kedalam kategori pemula. Apabila kita cermati, memang sudah jelas ikan hias air laut sangat berbeda sekali dengan ikan hias air tawar, haltersebut dikarenakan, jenis ikan hias air laut tidak bisa hidup pada jenis air tawar sehingga untuk memeliharanya juga harus menggunakan akuarium yang berukuran besar dan harus rutin mengganti airnya supaya tetap bersih. Bagi pemula, banyak sekali jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara.

Berikut ini adalah ikan hias air laut yang mudah untuk dipelihara, antara lain :

1.Ikan Hias Watchman Gobies

Watchman Gobies adalah salah satu jenis ikan hias air laut yang cukup mudah untuk dipelihara didalam akuarium. Ikan hias air laut ini dikenal dengan nama ilmiah Cryptocentrus yang sudah terkenal karena mempunyai beberapa pola dan pola yang paling terkenal adalah Bluspotted dan Pink Spotted watchman Goby. Watchman Gobies  merupakan ikan hias air laut yang terkenal agresif dan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat serta mempunyai kemampuan renang yang sangat baik. Oleh karena itu, ikan hias ini termasuk salah satu spesies ikan air laut yang sangat cocok untuk dipelihara oleh pemula. Ikan ini sendiri sering memakan udang-udang yang kecil, sehingga tidak akan sulit untuk mendapatkan makanannya.

  1. Ikan Hias Anglefish

Ikan hias air laut ini dikenal dengan nama Pomancanthidae, ikan ini mempunyai bentuk pipi yang lebar yang sekaligus menjadi ciri khasnya. Ikan hias Angelfish ini sendiri terdiri dari beberapa pola, tetapi hampir semua jenis ikan Angelfish mempunyai ciri khas dari motif yang bergari-garis di setiap sisi tubuhnya. Jenis ikan hias air laut yang satu ini sangat mudah untuk dipelihara di dalam akuarium, karena memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat, selain itu ikan ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

3. Ikan Hias Blue Devil

 

Ikan hias ini terbilang populer karea mempunyai tubuh yang estetis. Bentuk tubuhnya memang tidak besar, sehingga tidak perlu akuarium besar untuk memeliharanya. Bentuk ikan hias ini cenderung ramping dengan warna biru yang indah dengan bintik-bintik putih. Anda juga bisa menambahkan ornamen berbentuk karang pada akuarium karena ikan ini senang berendang di antara batuan karang.

4. Ikan Hias Botana Blue Tang

 

Ikan ini mungkin lebih akrab disapa ikan Dory karena menjadi salah satu tokoh utama di film Finding Nemo. Botana Blue Tang terbagi menjadi beberapa macam. Antara lain botana kacamata, botana kasur dan juga botana biru. Ikan hias ini sendiri juga populer, terutama di kalangan pecinta ikan hias Tanah Air.

5. Ikan Hias Yellow Tang

Untuk ikan hias yang satu ini tergolong mudah untuk dipelihara. Makanannya pun bisa dibeli di toko-toko ikan hias. Sehingga cocok untuk Anda yang baru saja belajar memelihara ikan hias. Ikan hias ini mempunyai karakter agresif dan paling aktif dibanding spesies lainnya.

6. Ikan Hias Neon Tetra

Ikan hias ini berasal dari kawasan laut Kolombia dan Peruguay. Ikan hias Neon Tetra terkenal karena mempunyai warna tubuh yang khas. Ikan ini punya warna keemasan dengan garis tipis berwarna biru yang mirip lampu neon. Corak ini membentang mulai dari belakang tubuh hingga dekat mata.

7. Ikan Hias Badut Clownfish

Selain ikan Dory, ikan ini juga populer berkat film Finding Nemo. Alasan mengapa ikan ini disebut clownfish atau ikan badut kemungkinan karena corak tubuhnya yang mirip dengan badut. Ikan clownfish senang berenang di antara batuan karang. Sehingga Anda bisa menambahkan ornamen karang supaya ikan merasa betah.

8. Ikan Hias Lion Fish

Ikan hias ini mempunyai bentuk yang cukup garang. Namun hal tersebut menjadi keunikan dan daya tarik dari Lion Fish. Ikan hias ini punya beberapa ornamen yang ada di tubuhnya, mirip seperti duri. Jika ingin memeliharanya, ada baiknya untuk mempertimbangkan dengan jeli jika ingin disatukan dengan ikan hias lain. Sebab ikan ini mempunyai pakan yang berbeda.

9. Ikan Hias Dottyback

Ikan ini tinggal diperairan laut dengan iklim tropis dan subtropis. Ikan hias ini juga banyak ditemui di perairan Indonesia. Dengan begitu Anda tidak akan kesulitan jika ingin membeli ikan hias Dottyback.

10. Ikan Hias Butterfly Fish

Ikan hias ini mudah untuk dipelihara. Habitat aslinya berada di perairan samudera Hindia dan samudera Pasifik. Karena mudah untuk dipelihara dan mempunyai keindahan yang unik, ikan hias ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias.