Harga Hamster, Jenis Hamster Yang Populer Di Indonesia

Macam Macam Hamster – Hamster adalah salah jenis hewan yang termasuk ke dalam sub family cricetinae. Hamster mempunyai banyak jenis yang tersebar di berbagai negara. Hewan hamster ini mempunyai badan yang gemuk dengan kaki yang pendek dan lebar, ekornya sedikit lebih pendek dan mempunyai telinga yang berbulu. Hamster bisa hidup sampai berumur 4 atau 5 tahun dan termasuk hewan omnivora, makanannya bisa berupa biji-bijian dan terkadang hamster juga memakan tumbuhan.

Selain itu, hamster juga mempunyai warna bulu yang beraneka ragam sesuai dengan jenisnya. Hal inilah yang menjadi daya tarik, sehingga hamster banyak dijadikan hewan peliharaan. Berikut adalah beberapa jenis hamster yang dilengkapi dengan kisaran harga dari masing-masing jenis.

Hamster Champbell

Hamster ini mempunyai variasi warna yang paling banyak dibandingkan dengan jenis hamster yang lainnya. Hamster Champbell banyak ditemui di  Tiongkok dan Rusai, ukuran hamster ini mulai dari 9 cm sampai 12 cm. Berbeda dengan jenis hamster pada umumnya, hamster yang satu ini mempunyai sifat agresif dan sedikit lebih berani. Habitat aslinya di semi gurun, padang rumput dan padang pasir. Selain itu, hamster champbell ini merupakan hewan nokturnal yaitu hewan yang aktif pada malam hari.

Hamster Syirian

Hamster ini terkenal dengan nama Hamster Emas (Mesocricetus auratus). Sesuai dengan namanya, hamster ini berasal dari syuriah dan hidup didaerah semi gurun yang terdapat semak. Ukuran hamster syirian yang dewasa dapat mencapai 5 sampai 7 inci dan bisa hidup sampai 2 atau 3 tahun. Hamster yang satu ini termasuk hamster yang mempuyai umur paling panjang dibandingkan dengan jenis hamster lainnya. Hamster syirian ini sangat populer sebagai hewan peliharaan ataupun hewan yang dapat dimanfaatkan sebagai penelitian dalam ilmu pengetahuan. Akan tetapi hamster jenis ini termasuk hewan yang terancam keberadaannya. Harga hamster syirian ini adalah 20 ribu per ekor.

Hamster Winter White

Hamster jenis ini mempunyai tubuh yang hampir mirip dengan hamster Champbell, yang membedakannya adalah pada ukuran. Hamster ini mempunyai ukuran yang cenderung lebih kecil dibanding hamster Champbell yaitu sekitar 7 sampai 9 cm. Karena memiliki ukuran tubuh yang kecil dan menyerupai hamster jenis champbell, hamster yang satu ini juga dikenal sebagai hamster kerdil putih Rusia. Yang paling uniknya, hamster ini bisa berubah warna sesuai dengan perubahan suhu. Hamster winter white mempunyai habitat asli di daerah dataran yang dingin di Siberia Rusia. Harga hamster ini adalah sekitar 35 ribu per ekor.

Hamster Hybrid

Hamster hybrid adalah hasil persilangan dan rekayasa genetika dari hamster jenis winter white dan hamster Campbell. Uniknya hamster ini bisa berubah warna sesuai dengan suhu. Hamster hybrid punya bulu berwarna krem dengan campuran warna abu-abu halus dan garis putih di punggung. Jenis hamster hybrid juga ada yang berwarna emas terang dengan bagian atas berwarna merah.

Hamster hybrid juga mempunyai kebiasaan menggigit seperti hamster winter white dan hamster Campbell, namun tidak separah dua jenis hamster tersebut. Hanya saja hamster ini mudah terkena penyakit seperti obesitas hingga tumor. Harga hamster hybrid ini biasanya mencapai 35 ribu hingga 60 ribu per ekor.