Perbedaan Kucing Anggora Dan Persia Yang Perlu Anda Ketahui

Perbedaan Persia dan Anggora – Kucing Anggora dan Kucing Persia merupakan jajaran kucing yang paling banyak dipelihara di indonesia, dan kerap dipelihara diseluruh dunia. Menurut orang yang kurang mengetahui tentang kucing, apabila mereka ditanya “kalau kamu ingin memelihara kucing, kira-kira kucing apa itu?” Pasti banyak yang akan menjawab Kucing Persia atau Kucing Anggora.

Kedua jenis kucing tersebut termasuk jenis kucing yang sangat terkenal karena memang memiliki banyak penggemar atau banyak orang yang menyukainya. Kucing Persia dan Anggora memang sama-sama memiliki bulu yang indah dan sifatnya yang sangat lucu sehingga orang-orang mudah tertarik ingin memilikinya. Bagi para pecinta kucing tentunya akan lebih mudah mengetahui perbedaan dari kucing anggora dan persia, namun bagaimana dengan orang awam yang tidak mengetahui lebih banyak mengenai kedua ras kucing peliharaan tersebut?

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Supaya kamu dapat mengetahui kucing apakah yang akan adopsi atau sudahkah kamu mempunyai ras kucing Anggora atau Persia, disini saya akan memberikan informasi tentang 9 perbedaan kucing Anggora dan Persia mulai dari bentuk tubuh atau fisiknya hingga sifat kucing yang lucu:

1.Daerah Asal Kucing

  1. Kucing Anggora – Kucing ras ini adalah salah satu ras tertua dari kucing, berasal dari Ankara (Angora) di Turki yang sudah dikenal sejak tahun 1600an.
  2. Kucing Persia – Kucing ras berbulu panjang ini berasal dari Persia (sekarang iran) yang pertama kali diperkenalkan ke negara Italia pada 1620an dan akhirnya bisa sangat terkenal sampai ke indonesia.

Bentuk Wajah Kucing

  1. Kucing Persia – Kucing ras persia ini mempunyai bentuk wajah yang bulat dengan hidung pesek (untuk persia peaknose) atau tidak terlalu mancung (untuk persia medium). Apabila melihat bagian samping dari kucing ras persia ini pada bagian dahi, hidung dan dagu terlihat datar. Mata dari kucing ras persia ini juga bervariasi dari pada kucing anggora.
  2. Kucing Anggora – juga dikenal sebagai Anggora Turki yang mempunyai bentuk wajah seperti kucing lokal atau kucing kampung dan bentuknya sedikit seperti segitiga dengan hidung yang cukup mancung. Pada bagian telinganya cenderung runcing dan panjang serta memiliki bulu-bulu kecil yang halus di ujungnya.

Bentuk Tubuh Kucing

  • Kucing Anggora – kucing Anggora mempunyai ukuran tubuh cenderung lebih langsing dibanding kucing Persia. Selain itu kucing Anggora juga mempunyai postur tubuh yang terlihat lebih tinggi.
  • Kucing Persia – kucing Persia ini terlihat lebih gemuk dan bulat daripada kucing Anggora. Postur tubuhnya juga tidak setinggi kucing Anggora namun hal ini membuatnya terlihat menggemaskan.

Bulu Kucing

Sebagian besar jenis kucing mempunyai bulu lebat yang menutupi hampir semua bagian tubuhnya. Dari bulu ini kita juga dapat membedakan jenis kucing satu dengan lainnya. Ini perbedaan kucing Anggora dan Persia dilihat dari bulunya.

  • Kucing Anggora – kucing ras ini biasanya memiliki bulu yang cukup tebal namun tidak setebal kucing Persia. Sedangkan bagian ekor memiliki bulu yang panjang sehingga tampak seperti ekor musang. Untuk bagian wajah bulunya tidak terlalu panjang, namun masih lebih panjang dari kucing lokal.
  • Kucing Persia – Kucing ini dikenal banyak orang sebagai kucing dengan bulu yang tebal. Bulu tebal ini menutupi bagian atas hingga bawah. Oleh karenanya kucing Persia terlihat gemuk dan lucu.

Kepribadian Kucing

  • Kucing Anggora – Kucing Anggora cenderung lebih aktif, senang bermain namun juga penurut. Selain itu Anggora juga cukup senang berinteraksi dengan manusia, terutama dengan pemiliknya. Di samping itu kucing Anggora memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan mudah beradaptasi serta.
  • Kucing Persia – Sifat kucing Persia berbeda dengan Anggora. Kucing ini lebih banyak diam, lembut, namun juga penurut. Sifat khas kucing Persia lainnya adalah sifatnya yang malas dan juga manja.

Aktivitas Kucing

  • Kucing Anggora – Kucing ini senang duduk di lantai atau di sekitar pemiliknya. Di samping itu kucing Anggora juga waspada terhadap lingkungan sekitar. Anggora juga sangat senang bermain dan berlari-lari dengan temanya ataupun dengan sang pemilik.
  • Kucing Persia – Seperti yang disinggung, kebanyakan kucing Persia bersifat pemalas. Maka jangan heran bila ia lebih banyak diam atau tidur. Meski begitu ada kalanya kucing Persia sangat aktif. Ia bisa menjadi lebih aktif dari biasanya.

Ekor Kucing

Walaupun bulu tubuhnya tidak terlalu lebat dan panjang, kucing Anggora mempunyai ekor dengan bulu yang panjang. Hampir sama dengan ekor kucing Persia. Bahkan ekornya bisa mengembang ketika ia merasa ada ancaman.

Harga Kucing

Pada umumnya harga kucing anggora jauh lebih mahal dari harga kucing persia. Maka dari itu Anda perlu mencari tahu sebelum memutuskan untuk membelinya. Selain itu perhatikan pula kucing ras yang Anda beli benar-benar murni ras atau sudah campuran dengan kucing jenis lain maupun kucing lokal.

Kelangkaan Kucing

Kucing Anggora yang ada di Indonesia sebagian besar bukan keturunan asli. Sebab aktivitas ekspor kucing Anggora dari negara asalnya sudah dilarang. Kalaupun ada maka kucing Anggora itu sudah campuran dengan jenis kucing lainnya.

Berbeda dengan kucing Persia yang cukup banyak dijumpai di Indonesia. Populasinya terbilang banyak, tidak seperti saudaranya itu.

Pilih kucing Anggora atau Persia?

Anda telah mengetahui perbedaan dua jenis kucing ini. Masing-masing punya karakteristik yang berbeda. Perhatikan mana yang lebih cocok dengan Anda. Selain itu jangan lupa untuk mencari tahu bagaimana cara merawatnya. Sebab kucing ras rentan sakit dibanding kucing lokal.

Sumber :

9 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia