Kucing Himalaya atau Persia Himalaya, Harga, Sejarah dan Ciri-Ciri Fisik

Harga Kucing Persia Himalaya – Kucing Himalaya atau Persia adalah salah satu kucing yang populer dan paling banyak diminati oleh penggemar kucing. Jenis kucing ras persia ini mempunyai daya tarik yang sangat menawan, sehingga banyak sekali penggemar kucing yang memeliharanya dirumah. Penampilan kucing persia ini sangat eksotik dengan bulunya yang cantik, membuatnya selalu  menarik untuk dipandang.

Ciri khas yang menarik dari Kucing Persia Himalaya ini adalah mata yang berwarna biru dan Point Coloration yang dimana tubuh kucing mempunyai warna putih atau pucat dengan bagian-bagian tertentu berwarna lebih hitam seperti di bagian wajah, telinga, kaki dan ekornya. Keunikannya tersebut didapatkan karena hasil persilangan antara Kucing Persia dengan Kucing Siam (Siamese).

Sejarah Kucing Himalaya

Kucing Himalaya lahir berkat persilangan dari Kucing Persia dengan Kucing Siam. Bisa dikatakan bahwa kucing persia himalaya bukanlah  keturunan yang  alami dari kucing persia ataupun kucing siam. Kucing persia himalayan ini lahir karena campur tangan manusia yang menyilangkan kedua jenis keturunan alami tersebut untuk memperoleh mata biru dan Point Coloration (titik warna di tubuh kucing) dari Kucing Siam.

Pada tahun 1931, para peternak mulai melakukan eksperimen untuk dapat mengetahui bagaimana Point Coloration diturunkan ataupun diwariskan. Seorang peneliti yang bernama Clyde Keeler akhirnya berhasil untuk mengembangkan jenis kucing yang berbulu panjang dengan titik warna dari kucing siam melalui perkembangbiakkan yang selektif dalam beberapa tahun. Kucing pertama dari spesies Kucing Persia Himalaya bernama Newton’s Debutante.

Ciri-Ciri Kucing Himalaya

Kucing Persia Himalaya yang merupakan hasil persilangan dari kucing persia dengan kucing siam, umumnya mempunyai bentuk tubuh yang hampir mirip dengan kucing persia. Ciri khas dari kucing ini adalah wajah yang datar dan ditopang dengan bentuk tubuh yang  besar dan gagah. Kucing himalaya juga dikenal sebagai kucing dengan komposisi tulang yang cukup kuat, sehingga membentuk masa tubuh yang juga besar, yaiu sekitar 4 sampai 6 kg.

Pada bagian kepalanya, jenis kucing ini mempunyai bentuk kepala yang bulat dan hidung yang pesek sebagai ciri khasnya. Kucing himalaya ini terdiri dari 2 jenis yaitu tradisional dan ekstrim. Kucing himalaya tradisional mempunyai penampilan bentuk tubuh yang hampir mirip dengan nenek moyangnya, dengan wajahnya yang tidak terlalu datar dan bagian hidung yang sedikit lebih rendah. Sedangkan kucing himalaya ekstrim mempunyai wajah yang datar dengan kemungkinan mempunyai masalah dengan pernafasan.

Postur Tubuh

Kucing himalaya dikenal sebagai kucing yang memiliki tubuh besar dengan tulang yang kuat. Berat tubuh kucing ini berkisar di angka 4 hingga 6 kg.

Bagian Kepala

Kepala kucing himalaya itu bulat dan penuh dengan hidung yang pesek. Bahkan kepesekan himalaya membuatnya dibedakan menjadi 2 jenis yaitu tradisional dan ekstrim. Bagian kepala warnanya putih namun didominasi warna kecoklatan seperti warna kucing siam. Telinganya juga berwarna gelap / colorpoint seperti halnya kucing siam. Ukuran telinga pendek seperti persia. Untuk mata, himalaya memiliki warna mata biru bulat dan agak besar.

Bagian Kaki

Kaki kucing himalaya pendek dengan warna gelap dibandingkan dengan warna tubuhnya. Kaki tersebut dilapisi bulu lebat dan ditompang oleh cakar yang besar dan kuat.

Bulu dan Ekor

Bulu yang dimiliki oleh kucing persia himalaya cukup lebat seperti halnya jenis kucing persia yang lain. Bulu lebat dan mengkilat memang menjadi ciri khas persia, pembedanya terletak pada colorpoint yang sangat sangat dominan pada bagian muka, kaki dan telinga. Sedangkan ekor yang dimiliki oleh himalaya tergolong cukup proporsional jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Umur Kucing Himalaya

Mungkin hampir sama dengan jenis persia lain, kucing himalaya juga mampu bertahan hidup hingga 9 sampai 15 tahun. Bila Anda melakukan perawatan yang maksimal maka kucing ini bisa berumur lebih lama.

Kepribadian Kucing Persia

Kucing ini tergolong kucing yang aktif, bahkan lebih aktif dibandingkan dengan persia yang lainnya namun masih kalah dibandingkan dengan kucing siam. Dia adalah kucing lembut yang suka kedamainan namun kadang agak rewel dan suka main-main disekitar Anda.

Harga Kucing Himalaya

Jenis Kucing Usia Harga
Kucing Persia Peaknose Himalaya Long Hair 4 Bulan Rp 3.000.000
Kucing Persia Himalaya Flatnose 2,5 Bulan Rp 1.000.000
Kucing Persia Himalaya Jantan 11 Bulan Rp 1.000.000
Kucing Persia Himalaya Seal Point 3 Bulan Rp 650.000
Kucing Persia Himalaya Asli 2 Bulan Rp 1.000.000
Kucing Persia Himalaya Betina 2 Bulan Rp 650.000
Kucing Persia Medium Himalaya 3 Bulan Rp 850.000
Kucing Persia Himalaya Anakan Putih 2,5 Bulan Rp 1.200.000
Kucing Persia Himalaya Kitten 3 Bulan Rp 1.000.000
Kucing Persia Mix Himalaya 2,5 Bulan Rp 1.300.000
Kucing Persia Himalaya Mix 3 Bulan Rp 850.000
Kucing Persia Himalaya Indukan 1 Tahun Rp 1.000.000
Kucing Persia Peaknose Extreme Himalaya Exotic 1,5 Tahun Rp 2.200.000
Kucing Persia Himalaya Bulu Pendek(Short Hair) 3 Bulan Rp 1.800.000
Kucing Persia Himalaya Kitten Betina Blue Point 2,5 Bulan Rp 800.000
Kucing Persia Himalaya Sudah di Vaksin 1 Tahun Rp 2.500.000