Kucing Tidak Mau Makan, Penyebab dan Cara Mengatasinya Dengan Benar

Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan – Kucing yang tidak mau makan, tentunya akan menjadi pemasalahan tersendiri bagi para pemilik kucing (catlovers). Penyebab kucing tidak mau makan pun sangat susah diketahui, mungkin kalau manusia lebih mudah diketahui apa penyebab tidak mau makannya. Nah kalau kucing sangat susah karena mereka tidak bisa berbicara layaknya manusia.

Kucing sangat berbeda dengan hewan lainnya, kucing lebih mudah terkena penyakit apabila tidak mau makan dalam sehari saja. Kenapa? Karena pada umumnya hewan yang tidak mau makan, energy ataupun tenaga yang dihasilkan untuk proses fisiologi tubuh tetap tersedia dari pembakaran lemak yang telah disimpan pada jaringan tubuh hewan tersebut. Sedangkan untuk itu kucing sangat tidak efisiensi.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Apabila kucing anda tidak mau makan, maka organ hatinya akan bisa rusak layaknya fungsi hati pada manusia dan pada akhirnya kucing anda bisa mati. Jangan sampai hal yang tidak diinginkan ini terjadi! Menurut sebuah sumber terpercaya yang telah kami dapatkan, saat proses pembakaran lemak pada kucing, terdapat perubahan metabolisme yang mengakibatkan rusaknya jaringan organ di hati yang disebut dengan Hepatik Lipidosis.

1. Makanan

Coba anda lihat terlebih dahulu makanan yang anda berikan. Apakah anda memberikan makanan yang itu-itu saja? Jika iya, tentunya kucing anda akan merasa sangat bosan. Anda sebagai manusia dan sekaligus sebagai pemilik kucing tentunya akan merasa bosan apabila dihidangkan makanan yang selalu sama setiap harinya.

2. Nafsu Makan

Apakah kucing anda sudah terlihat senang untuk makan, cobalah perhatikan. Apabila sudah melakukan banyak hal  tetapi belum juga berhasil, mungkin kucing tersebut kurang vitamin.

3.Penyakit Mulut

Coba anda periksa kan kucing tersebut, apakah ada luka di dalam mulutnya atau mungkin bau yang kurang sedap dibandingkan dengan biasanya.

4. Masalah Sistem Pencernaan

Seperti yang sudah saya bahas di awal artikel bahwa metabolisme tubuh dalam kucing itu kurang baik, berbeda dengan hewan lainnya. Biasanya masalah ini disebabkan karena adanya benda asing yang masuk kedalam tubuh kucing, ada radang, parasit ataupun sebagainya.

5. Bosan

Bosan adalah salah satu alasan sebagian orang untuk malas makan, begitupun dengan kucing. Kasus ini  terjadi untuk banyak ras kucing seperti  kucing persia dan umumnya kucing akan cenderung lebih suka tidur dibandingkan seperti biasanya.

6. Sakit

Kucing juga bisa terjangkit sakit, kalau kucing sedang sakit biasanya kucing tidak mau makan dan muntah atau lemas.

7. Stress

Sudah merasa bosan,stress. Wuedan, kasian banget si kucingnya. Coba lebih perhatikan hal yang membuat kucingmu merasa stress. Umumnya terdapat 2 faktor yaitu lingkungan dan tekanan. Untuk lingkungan apakah kamu baru saja mengadopsi kucing tersebut atau tidak? Kalau iya, berarti kucing itu belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang masih asing menurut kucing itu.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Kemudian apakah kucingmu sedang dalam fase birahinya? Kucing yang sedang dalam masa-masa birahi atau ingin kawin biasanya rentan tertekan dan terjadi penurunan rasa nafsu makan, apa lagi jika dia tidak punya pasangan kawin(Jomblo), suasana hatinya akan sangat kacau dan dia bisa langsung stress. Sangat Banyak cara mengatasi kucing tidak mau makan, seperti:

Berikan variasi pada makanan kucing

Dengan memberi varian makanan yang bermacam-macam ini bisa membuat kucingmu tidak bosan dengan makanan yang dihidangkan oleh pemilik kucing, cocok sekali untuk si kucing yang bosan dengan makanan itu-itu saja.

Anda dapat mensiasatinya dengan mencampurkan makanan kering dengan makanan basah kalengan khusus untuk kucing seperti frieskies atau whiskas agar merangsang nafsu makan kucing anda.Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, anda juga dapat memberikan makanan dengan merk Science Diet.

Selain aroma yang dimiliki makanan jenis ini lebih tajam namun kandungan nutrisi di dalamnya lebih lengkap. Namun perlu kita ketahui, makanan merk Science Diet ini hanya boleh diberikan sesekali saja dan pastinya bukan setiap hari.

Walaupun makanan basah dapat merangsang nafsu makan kucing, akan tetapi juga memiliki dampak negative juga apabila diberikan setiap hari yang dapat menyebabkan karang dan flek yang berlebih pada gigi kucing.

Pancing nafsu makan

Caranya bagaimana? tahukah kamu? Mudah kok, dengan cara menyodorkan atau memberi makanan ke dekat hidungnya atau dengan cara mengoleskan daging atau makanan basah kucing di mulut atau hidungnya. Bau makakanan yang lezat dan mantap diharapkan dapat memancing nafsu makan kucing.

Suapi kucingmu

Jika kucingmu sakit atau lemas, cobalah untuk menyuapi kucingmu supaya akan tetap mendapatkan asupan makanan yang cukup. Kamu juga bisa menggunakan sendok kecil, tangan maupun syringe(suntikan tanpa jarum) dan tentu makanan yang diberikan tergolong makanan basah atau kalengan.

Tapi kalau kamu hanya punya makanan kering, saya sarankan untuk menghancurkannya dengan air hangat agar lunak. Oh iya, hati-hati dalam menggunakan syringe! Kamu harus memperlakukan kucingmu dengan sangat lembut, pegang kepala kucing lalu masukkan suntikan makanan cair dari samping mulut si kucing dan tekan suntikan secara perlahan, supaya kucing bisa menelan makanan tersebut.

Jangan disemprot ya, nanti kucingnya bisa tersedak.

Obat penyakit mulut

Jika kucingmu terkena penyakit mulut, kamu bisa gunakan obat manusia untuk mengobatinya.

Beri vitamin

Berikan vitamin yang mengandung vitamin B kompleks dan lysin (asam amino lisin) yang dapat dibeli di apotik terdekat seperti Biolysin, Lysmin atau Becombion dan biasanya takaran untuk anak-anak.Vitamin tersebut selain berguna untuk menambah nafsu makan, juga berkhasiat juga untuk mencegah virus herpes atau Flu Kucing.

Namun, sebelum memberikan vitamin pada kucing. Usahakan beri dia makan sedikit atau bisa sediakan makan di dekatnya. Ini untuk mencegah iritasi pada lambung kucing dan supaya dia tidak muntah.

Ajak dia bermain

Mungkin saja kucingmu jarang bermain atau melakukan aktivitas, usahakan dari awal kamu mengadopsi atau memeliharanya ia sudah lebih dibiasakan untuk bermain-main supaya dia aktif dan tidak cepat bosan, tentu ini akan berpengaruh terhadap nafsu makannya.

Berikan tempat yang nyaman

Bagi kucing yang baru kamu adopsi, tentu dia akan mengalami fase tertekan karena lingkungan yang masih asing. Coba anda buat lingkungan tempat tinggalmu dan si kucing tentunya dengan senyaman mungkin.Kalau bisa, jauhkan dari kucing nakal atau galak yang mungkin malah akan mengganggu ia untuk beradaptasi. Jika sudah terasa lebih baik, beri makan secara teratur.

Tube Feeding

Sesuai namanya, tube feeding merupkan pemberian makan dengan cara memasukan makanan ke daam perut langsung melalui selang. Cara yang ini hanya untuk keadaan darurat saja jika berbagai usaha yang sudah kamu coba. Dan kalau bisa selalu konsultasikan dengan dokter atau yang lebih ahli dalam kesehatan kucing.

Bawa ke dokter

Jadilah pemilik kucing yang penyayang, jika kucingmu sakit, memiliki masalah lambung atau masalah yang tidak kamu ketahui dan kucingnya masih tidak mau makan juga. Segeralah kunjungi deokter hewan, jangan gegabah atau terburu-buru menangani kucing yang takutnya malah menambah masalah sendiri.

Dalam memelihara hewan, kucing khususnya memang tidak mudah. Ada beberapa hal khusus yang harus kamu lebih perhatikan supaya kucing makan. Tentu membuat kita merasa senang juga sebagai pemilik kucing yang bertanggung jawab.