Kerang Laut, Jenis-Jenis Lengkap Dengan Gambar

Jenis Kerang Laut – Kerang atau disini lebih spesifiknya adalah kerang laut merupakan hewan air dan termasuk dalam hewan yang memiliki tubuh lunak (moluska). Atau dalam pengertian luasnya, kerang adalah semua moluska dengan sepasang cangkangnya (Bivalvia). Kerang laut memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut :

  • Semua kerang memiliki sepasang cangkang (cangkok atau katup).
  • Pada umumnya, kerang memiliki dua otot adduktor (yang mengatur buka tutupnya cangkang).
  • Kerang tidak mempunyai kepala (otak).
  • Organ yang dimiliki oleh kerang adalah ginjal, jantung, mulut dan anus.
  • Kerang hanya bisa bergerak menggunakan kaki berupa organ pipih yang keluar dari cangkangnya dengan cara membuka-tutup cangkangnya.
  • Kerang tidak memiliki pembuluh darah.

Beberapa jenis dan gambar kerang laut yang mudah ditemukan dan familiar saat ini adalah :

  1. Kerang Darah

Merupakan kerang yang hidup di Teluk Pasifik, tinggalnya di bebatuan dan biasa disebut kerang dara. Kerang darah adalah kerang yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Daging kerang darah berwarna oranye dan abu-abu yang dilindungi cangkang berwarna putih kecoklatan bergaris-garis. Kerang darah cocok sekali untuk dikonsumsi utamanya bagi penderita darah rendah karena kaya akan zat besi yang dapat membentuk kembali sel-sel darah merah yang hilang.

  1. Kerang Hijau

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau kerang hijau pasti memiliki cangkang berwarna hijau, bentuk cangkangnya pipih dan panjang serta halus tidak bergaris. Kerang hijau sering disebut dengan kerang kijing di Jakarta, disebut kemudi kapal di riau dan disebut kedaung di Banten.

  1. Kerang Bambu

Kerang ini mempunyai cangkang menyerupai bambu yang panjangnya kira-kira se-ibu jari orang dewasa. Dagingnya berwarna putih dan banyak ditemukan di perairan Madura.

  1. Kerang Tiram

Kerang tiram mempunyai cangkang yang pipih dan berkapur serta keras seperti batu karang. Meski kerang ini rendah energi, namun kerang ini juga mengandung kalsium, vitami A dan vitamin B12.

  1. Kerang Bulu

Kerang ini hampir menyerupai kerang darah, memiliki cangkang yang bergaris, berbentuk cembung melebar tapi terdapat bulu-bulu hitam kecil.

  1. Kerang Simping

Memiliki cangkang berbentuk pipih. Kerang ini memiliki keistimewaan yaitu aman untuk dimakan dalam keadaan mentah karena kerang ini tidak memiliki bagian tubuh penyaring.

Tag:

nama ilmiah kerang laut,jenis jenis kerang,nama ilmiah kerang dara,harga cangkang udang,cara gambar hewan laut,MACAM-MACAM HEWAN BINTANG LAUT,gambar laut,gambar kerang laut yang bisa dimakan,macam-macam kerang laut,nama ilmiah kerang lait