Makanan Hamster Yang Wajib Dan Dilarang Untuk Diberikan

Makanan Hamster Yang Baik – Dalam memberi makanan untuk hamster, tentunya kita menginginkan makanan yang terbaik dan sehat untuk hamster kita. Sebenarnya hamster sendiri memakan apa saja yang dapat di makannya karena hamster merupakan binatang omnivora, tetapi meskipun hamster memakan apa saja bukan berarti kita bisa memberikan sembarang pakan hamster kita karena ada beberapa makanan yang tidak dapat kita berikan.

Makanan apa sajakah yang dapat diberikan dan tidak dapat diberikan untuk hamster? Berikut ini adalah makan untuk hamster yang wajib anda berikan.

Makanan Kesukaan Hamster

  1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari merupakan makanan kesukaan hamster karena biji bunga matahari ini memiliki rasa yang manis, renyah dan gurih. Anda bisa mendapatkan biji bunga matahari ini di petshop terdekat dan harganya perbungkus adalah 5000 rupiah.

  1. Beras

Beras juga menjadi kesukaan bagi hamster sebab memiliki tektur yang sedikit keras sehingga hamster menyukainya karena hamster juga merupakan binatang pengerat sehingga sangat menyukai beras. Beras yang anda berikan untuk hamster dapat berupa beras putih dan beras merah atau anda juga bisa memberikan beras yang sudah menjadi nasi namun jangan berlebihan karena nasi yang lengket tentunya akan membuat bulu di sekitar wajah hamster menjadi lengket.

  1. Kacang Hijau

Didalam kacang hijau terdapat kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk hamster. Oleh karena itu, anda bida memberikan kacang hijau untuk hamster peliharaan anda namun sebaiknya jangan berlebihan. Karena kacang hijau juga mengandung lemak yang bisa membuat hamster adna menjadi kegemukan (obesitas), maka dari itu berikan kacang hijau secukupnya yaitu 3 atau 5 butir setiap hari.

  1. Remah Roti

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya jika hamster merupakan hewan omnivora yang atinya pemakan segala, maka dari itu anda dapat memberikan hamster makanan remah roti karena hamster menyukainya. Namun yang perlu anda perhatikan jangan sampai anda memberikan hamster roti basah tetapi roti kering seperti roti unibis atau roti ATB.

  1. Jagung

Jagung juga dapat anda berikan untuk hamster anda karena hamster menyukainya. Rasa jagung yang manis membuat hamster ketagihan, namun dalam memberikan makan hamster  dengan jagung pastikan anda memberikan jagung mudah datu jagung yang tidak terlalu keras (belum dijemur) supaya jagung lebih mudah dicerna oleh hamster anda.

6.Wortel

Hamster rupanya juga menyukai wortel, seperti kelinci. Sayuran ini mempunyai kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan hewan peliharaan. Supaya lebih mudah untuk menyantapnya, potong wortel menjadi kecil-kecil.

7.Kacang tanah

Kacang tanah juga dapat dijadikan sebagai makanan untuk hamster. Kacang ini bisa menjadi pengganti kacang hijau atau jagung. Selain itu di pasar ada banyak yang menjual kacang tanah sehingga tidak akan menyulitkan Anda ketika ingin membelinya.

8.Mentimun

Selain kacang-kacangan, mentimun juga bisa Anda manfaatkan sebagai pakan hamster. Timun mempunyai kandungan air yang cukup sehingga dapat menjaga pencernaan hamster.

9.Kacang polong

Pakan hamster berikutnya adalah kacang polong. Kacang polong mempunyai nutrisi dan vitamin yang juga baik untuk kesehatan hamster. Di samping itu tidak terlalu sukar untuk mencarinya. Bisa dibeli di pasar, super market ataupun toko hewan.

Makanan Yang Dilarang Untuk Hamster

1.Bawang merah

Barang merah merupakan bumbu tak terpisahkan dari masakan Indonesia. Akan tetapi bawang merah tidak dapat dijadikan pakan untuk hamster. Sebab hal tersebut justru membuat hamster lemas hingga mengalami kematian.

2.Bawang bombay

Selain bawang merah, bawang bombay juga tidak boleh diberikan pada hamster. Sebab bawang bombay dapat membuat hamster sakit. Oleh karenanya jauhan bawang ini dari jangkauan hamster.

3.Bumbu dapur
Bumbu dapur seperti cabai, merica , ketumbar dan bumbu dapur lainnya tidak disarankan untuk hamster sebab bumbu dapur dapat membuat hamster sakit.

Bumbu dapur meliputi merica, cabai, ketumbar dan bumbu-bumbu lainnya tidak boleh diberikan pada hamster. Bila tidak sengaja dan hamster mengalami sakit alangkah baiknya untuk membawanya ke dokter hewan terdekat.