Obat Jamur Kucing Yang Ampuh Dan Manjur

Jamur Pada Kucing – Dalam memelihara kucing mungkin kita pernah mendapati beberapa penyakit yang sering menjangkit kucing salah satunya adalah kucing terkena jamur (ringworm). Ringworm diakibatkan oleh beberapa jenis jamur dan virus yang hidup pada permukaan kulit dan bulu. Tak hanya kucing, penyakit ini juga sering menyerang anjing. Ringworm atau jamur kucing ini biasanya disebabkan oleh pemeliharaan yang kurang bersih, lingkungan yang lembab dan sisa-sisa kotoran yang tidak dibersihkan dengan benar. Nah, kotoran ataupun tempat lembab tersebutlah yang mengakibatkan jamur dapat berkembang biak.

Gejala yang timbul saat kucing terkena ringworm yaitu sebagian bulu kucing akan rontok atau botak dengan pola yang melingkar, mucul beberapa bercak putih seperti ketombe, kucing sering terlihat gatal dan sering menggaruk-garuk bagian yang terkena ringworm. Ringworm sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya, namun hal ini berlaku bagi kucing yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Waktu yang diperlukan kucing untuk bisa sembuh sendiri  dari ringworm sekitar 4 – 6 bulan, tentunya cukup lama untuk sebuah penyakit. Oleh sebab itu sebagai pemilik kita harus membantu kucing untuk bisa segera sembuh dari ringworm.

Apabila tidak segera diobati kucing terkena ringworm akan membawa penyakit dan dapat menularkanya ke kucing yang lain. Penularan ringworm termasuk sangat cepat karena ringworm dapat menular melalui kontak langsung ataupun tidak langsung. Maksudnya terbawa oleh angin ataupun berserakan di lantai sebab ringworm memiliki spora yang menyebar dimana-mana. Sehingga dengan mudah bisa menularkannya ke kucing lain ataupun kepada manusia.

Mengobati Kucing Yang Terkena Ringworm

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kucing yang terkena ringworm.

1.Karantina kucing yang terkena ringworm. Sebisa  mungkin harus menjauhkan kucing yang terkena ringworm dari kucing lain ataupun dari wadah pakan, kandang dan juga ruangan rumah. Ini merupakan cara yang dapat menimalisir penyebaran spora pada ringworm supaya tidak mudah menyebar.

2.Memangakas bulu kucing di sekitar area yang terkena ringworm. Hal ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengobati kucing yang terkena jamur dan menimalisir penyebaranya.

3.Setelah proses persiapan selesai, selanjutnya adalah tindakan pengobatan pada kucing yang terkena ringworm. Ada beberapa obat yang dapat dipilih untuk mengobati ringworm, ada obat luar dan obat dalam silahkan pilih obat mana yang akan anda gunakan. Berikut adalah penggunaan obat dalam terlebih dahulu.

Pengobatan dengan obat dalam

Obat dalam yang dapat digunakan antara lain itraconazole, ketokonazol, flukonazol dan lainnya (yang mengandung zole-zole). Obat tersebut dapat dibeli di apotik terdekat. Catatan, belilah obat yang oral atau tablet minum, bukan krim salep.

Pemberian obat tersebut dilakukan dengan mencampurkannya pada makanan kucing. Untuk hasil yang lebih maksimal berikan pada makanan kucing yang berlemak. Menurut sumber yang ada obat ini diberikan satu kali dalam seminggu. Akan tetapi lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter hewan lebih dulu. Efek samping yang dialami kucing diantaranya muntah atau kurang nafsu makan.

Pengobatan dengan obat luar

Pengobatan ini dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan banyak efek samping. Ada beberapa obat luar yang bisa dipakai untuk mengobati jamur kucing. Seperti shampoo, bedak oles, salep, atau obat mandi yang bisa diberikan pada kucing yang terkena jamur. Berikut adalah jenis-jenis obatnya:

  • Salep : Itraconazole, ketokonazol, minyak VCO (virgin Coconut Oil).
  • Shampoo : Sebazole, Malaseb.
  • Spray : virbac wound gard.
  • Obat oral : itraconazole, ketokonazol, flukonazol dengan resep yang diberikan oleh dokter hewan.

Di samping itu jangan lupa membersihkan kandang peralatan makan dan lingkungan sekitar dari bulu kucing supaya penyebaran ringworm tidak meluas. Pakai juga shampoo anti jamur untuk membersihkan peralatan dan mengepel lantai agar ringworm tidak menular pada manusia. Berikan juga vitamin pada kucing agar kondisi tubuh tetap fit dan daya tahan tubuh bisa melawan penyakit yang mengenainya.