Mata Kucing Berair, Belekan, Cara Mengobati Tanpa Ke Dokter

Sakit Mata Pada Kucing – Memelihara kucing adalah hal yang sangat menyenangkan, apalagi jika melihat tingkahnya yang lucu serta menggemaskan, pasti membuat kita tak bosan untuk bermain-main dengan kucing. Terlebih lagi untuk yang sudah maniak atau fanatik dengan kucing, pasti tidak alasan lain lagi untuk melewatkan keindahan dan kelucuan dari binatang yang menggemaskan ini.

Kita bisa mengatakan seekor kucing lucu ataupun menggemaskan pasti ada alasan yang mendukung. Termasuk salah satunya adalah karena bentuk fisik dari kucing tersebut, baik itu bentuk mata, telinga, bulu ataupun matanya. Banyak orang yang tertarik dengan bentuk dari mata kucing, apalagi jika bentuk matanya bulat dan besar, pasti sangat amat menggemaskan. Tetapi masalahnya, bagaimana bila mata kucing terserang penyakit? Pasti kucing terlihat berbeda dari biasanya. Sakit yang biasa dialami kucing yaitu mata kucing belekan.

Belekan pada mata kucing biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah dari kotoran yang menempel pada mata kucing. Apabila kotoran tersebut tidak segera dibersihkan maka lama kelamaan kotoran itu akan mengeras bahkan jadi kerak hingga sulit dibersihkan. Pada kotoran tersebut biasanya banyak bakteri serta virusnya yang menyebabkan mata kucing berair hingga akhirnya belekan. Belek atau kotoran yang keluar dari mata kucing sendiri sebenarnya adalah efek dari perlindungan tubuh kucing ketika melawan bakteri.

Penanganan awal yang mudah adalah membawa ke dokter hewan, dengan begitu kita dapat mengetahui secara pasti penyakit apa yang sedang menyerang mata kucing serta akan dapat obat yang tepat. Cara lain untuk mengantisipasi mengobati mata kucing belekan apabila pergi ke dokter tidak memungkinkan adalah :

  1. Bersihkan Mata Kucing

Apabila anda mendapati mata kucing anda ada belek/kotorannya maka segera bersihkan. Baiknya gunakan kapas untuk membersihkannya supaya tidak terjadi infeksi. Hal ini adalah langkah sederhana untuk mencegah sakit mata pada kucing.

  1. Masukkan Kucing Ke Kandang

Mungkin anda memelihara lebih dari satu kucing dalam satu kandang, maka anda harus pisahkan kandang untuk kucing anda yang sedang sakit dan yang sehat. Karena penyakit mata pada kucing akan menular.

  1. Berilah Obat

Cara selanjutnya adalah dengan memberi obat. Obat alami yang bisa diberikan adalah daun sirih sebab merupakan bahan alami dan tanpa efek samping. Caranya adalah rebus daun sirih dengan air sampai mendidih. Lalu oleskan air rebusan tersebut di mata kucing secara perlahan dengan menggunakan kapas.