Berang Berang, Jenis dan Harga Terbaru Agustus 2018

Harga Berang Berang – Berang-berang atau otter adalah salah satu hewan yang cukup populer untuk dijadikan hewan peliharaan. Berang-berang sering disebut hampir mirip dengan kucing, terlebih karena tingkah lakunya yang sangat unik, menggemaskan dan lucu. Untuk dapat memelihara dan merawatnya, anda juga harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan lengkap seperti  kebutuhan pakan, tempat tinggal, perlindungan terhadap kondisi kesehatan, serta kesabaran dan ketekunan, sebab memelihara dan merawat hewan yang satu ini memang tidak mudah seperti saat memelihara hewan jenis lain. Karena banyak sekali kasus mengenai pemeliharaan hewan berang-berang yang berujung kematian. Hal ini dikarenakan pemilik kurang memperhatikan dan bahkan cenderung menelantarkan berang-berang peliharaannya.

Berang-berang merupakan hewan yang membutuhkan udara dan suhu yang dingin atau sejuk, karena hewan ini merupakan hewan semi-kuatik. Oleh sebab itu, tidak disarankan untuk membawa berang-berang terlalu lama keluar rumah terlebih jika cuacanya sedang terik dan bersuhu panas, tentunya hal ini akan mengakibatkan sesuatu yang fatal pada otter peliharaan anda. Apabila berang-berang anda sudah mulai kepanasan, dia akan mengeluarkan lendir yang berbau amis lalu menjadi sangat lemas dengan nafas yang semakin tersengal karena ia kesulitan bernafas. Selain itu, hewan ini termasuk hewan karnivora, jadi lebih baik pemberian pakannya berupa daging. Daging yang menjadi kebutuhan utama bagi berang-berang yaitu daging ikan, karena ikan merupakan sumber pakan yang utama bagi berang-berang di alam liar.

Berang-berang atau otter terdiri dari beberapa jenis yaitu :

  1. Aonyx Cinerus

Merupakan berang-berang yang memiliki cakar kecil. Berang-berang ini adalah jenis berang-berang yang paling banyak di temui di alam liar dan sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Jenis berang-berang ini biasa hidup dengan manusia, maka ia akan sangat toleran terhadap segala aktivitas manusia. Makanan berang-berang ini selain ikan adalah kepiting, keong, katak, kadal dan hewan kecil lainya.

  1. Lutra Lutra

Jenis berang-berang ini biasa disebut sebagi berang-berang utara. Panjang tubuhnya dapat mencapai 1 meter, dengan berat tubuh sekitar 7 kilogram. Lutra-lutra merupakan salah satu jenis berang-berang yang dilindungi oleh pemerintah.

  1. Lutra Sumatrana

Jenis berang-berang ini biasa disebut sebagai berang-berang hidung berbulu. Lutra Sumatrana ini juga termasuk jenis berang-berang yang dilindungi oleh pemerintah.

  1. Lutrogale Perspicillata

Berang-berang ini merupakan jenis yang paling besar dan dapat ditemukan di Indonesia. Panjangnya bisa mencapai 1,2 meter dengan berat yang bisa menembus 11 kg. CITES memasukkannya ke dalam kategori Appendix II.

Harga Otter

Ada hal yang perlu diperhatikan jika ingin jual beli berang-berang. Disebutkan bahwa perdagangan ke luar negeri untuk jenis berang-berang di atas tidak diperbolehkan. Sedangkan di dalam negeri hanya ada beberapa jenis yang tidak dilindungi PP.

Sebagai upaya pelestarian, ada baiknya jika Anda melakukan penangkaran sendiri. Dengan demikian populasi otter di alam liar akan terjaga.

Untuk berang-berang berusia 2-4 bulan biasanya dijual sekitar Rp 300.000 – Rp 500.000 per ekor. Sedangkan harga berang-berang atau otter berusia 7-9 bulan mencapai Rp 500.000 – Rp 800.000 /ekor.

Tag:

harga berang berang,harga otter,harga pasaran berang berang,baby otter harga,harga berang berang 2018,harga musang berang berang otter 2018,harga otter 2018,harga otter 2bulan,harga otter baby,harga pasaran hewan brangbrang