Makanan Kura-Kura Semua Jenis Darat Dan Air

Makanan Kura Kura Kecil – Kura-kura termasuk hewan peliharaan omnivora yang dapat memakan apa saja. Namun bukan berarti semua jenis makanan dapat ia makan, sebab ada juga yang dapat membahayakanya, ada juga makanan yang bersifat pokok, ada juga yang bersifat tambahan. Berikut ini sudah kami sesuaikan berdasarkan yang paling pokok dan tambahan. Jadi anda tinggal memilih makanan yang paling cocok dan mudah didapatkan. Akan tetapi jangan hanya terpaku pada satu jenis makanan saja ya, namun juga harus dikombinasikan dengan jenis makanan lainnya supaya tidak bosan dan nutrisinya dapat terpenuhi :

  1. Daging atau ikan kecil

Dalam masalah makanan, kura-kura lebih menyukai ikan-ikan yang kecil dan daging. Daging yang mentah adalah makanan kesukaan kura kura, namun daging mentah banyak mengandung lemak yang bisa mengakibatkan kegemukan. Jadi disarankan agar dimasak terlebih dahulu tanpa memakai bumbu-bumbu dapur. Adapun untuk ikan yang kecil lebih baik memakai jenis ikan air tawar saja dan jangan memakai ikan laut ataupun yang sudah dibekukan. Karena ikan laut dapat mencegah penyerapan beberapa nutrisi yang dapat mengakibatkan masalah dalam jangka panjang.

  1. Makanan Kura Kura Serangga dan Cacing Tanah

Di habitat aslinya kura-kura lebih sering mendapatkan makanan yang alami seperti cacing sutra, mealworm dan serangga. Jadi sesekali tidak masalah diberikan pada kura-kura, karena jenis pakan yang satu ini juga baik untuk perkembangan terutama untuk kura-kura kecil.

  1. Pelet Khusus Kura-kura

Pelet bisa dengan mudah anda dapatkan di pet shop terdekat. Tapi ingat, jangan sampai anda salah pilih dalam membeli pelet karena ada 2 jenis pelet yang tersedia disana. Pertama pelet yang bahan bakunya menggunakan tumbuhan ataupun buah-buahan, biasanya pelet jenis ini akan diberikan untuk kura-kura darat. Yang kedua adalah pelet yang bahan utamanya menggunakan daging seperti cacing, keong atau ikan, biasanya pelet jenis ini digunakan untuk kura-kura air tawar. Disamping itu, pilihlah merk yang berkualitas dan sesuai dengan gizi yang dibutuhkan oleh kura-kura anda. Beberapa merek pelet yang terkenal yaitu Reptomin. Purina, Rep Cal, Zoomed dl.

  1. Sayuran dan Buah-buahan

Makanan kura-kura kecil selain pelet adalah sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah sangat baik untuk kura-kura anda karena terdapat kandungan kalsium yang sangat bagus untuk pertumbuhan tempurungnya, tetapi jangan dijadikan sebagai makanan pokok sebaiknya dikombinasikan dengan jenis-jenis makanan diatas. Seperti misalnya daging 25% sayuran 50 %  dan makanan yang lainnya 25%. Hal tersebut agar nutrisinya seimbang dan tidak membuat kura-kura bosan. Macam-macam sayuran yang dapat anda berikan adalah sawi, wortel, selada, paprika atau randa tapak dan untuk buahnya anda dapat memberikan pisang, pepaya, tomat dll. Selain itu anda juga dapat menambahkan suplemen vitamin A untuk menjaga kesehatan mata kura-kura minimal dua minggu sekali.

Cara Memberikan Makan Bayi Kura-Kura

  1. Pertama sediakan tempat yang dibutuhkan seperti tempat makan, tempat minum dan jangan lupa dibersihkan sampai bersih
  2. Berikan 2 kali setiap hari, yaitu pagi hari dan sore hari. Sebab waktu tersebut adalah waktu yang ideal di mana bayi kura-kura biasanya sedang menunjukkan keaktifannya.
  3. Ukuran pakan yang besar harus kalian sesuaikan dengan ukuran mulut bayi kura-kura. So potonglah menjadi bagian-bagian kecil misalnya daging harus dipotong, begitu juga dengan buah-buahan, begitu juga dengan pelet atau jenis makanan lainnya.
  4. Pastikan bayi kura-kura diberi tambahan suplemen vitamin dan kalsium agar mendapat nutrisi yang cukup berikan minimal 2 minggu sekali atau 3 minggu sekali.

Tag:

makanan kura kura air,manfaat pelet kura kura darat azuri