Cara Budidaya Udang Air Tawar di Kolam Terpal untuk Pemula

Ternak Udang Galah Air Tawar – Cara untuk membudidayakan udang galah di kolam terpal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membudidayakan udang di kolam tanah ataupun lainnya. Udang galah pada air tawar memiliki potensi dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi, entah di pasar lokal ataupun di pasar ekspor. Bagi yang tidak mempunyai lahan yang cukup untuk membudidayakan udang ini, anda bisa menggunakan teknik budidaya udang galah di kolam terpal melalui media kolam buatan.

Berikut Adalah Beberapa Tips Pembudidayaan Udang Galah Melalui Area Kolam Terpal.

Persiapan Kolam

Persiapkan kolam dengan ketinggian 0-700 meter. Sementara untuk debit air dianjurkan antara 0,5 sampai 1 liter/detik dengan luas kolam 300- 1000 m³. Cara membudidayakan udang galah di kolam terpal ini, anda harus memperhatikan kualitas air nya dengan kualifikasi : menerima paparan sinar matahari yang cukup, mempunyai kandungan oksigen sebesar 5-7 ppm, mempunyai kandungan mineral yang cukup, mempunyai temperatur yang ideal untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang galah dan mengandung gas CO2 yang cukup (tidak lebih dari 2ppm).

Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan harus yang berkualitas sebab dapat mempengaruhi hasil panen udang galah yang telah anda budidayakan. Pakan yang diberikan harus mempunyai kandungan nutrisi yang cukup seperti lemak, mineral, vitamin dan karbohidrat. Dengan pemberian pakan yang tepat inilah yang nantinya akan menghasilkan udang yang berkualitas yang dapat berdampak pada potensi keuntungan yang didapatkan.

Pencegahan dan Penanganan Penyakit Udang Galah

Cara membudidayakan udang galah yang berikutnya adalah dengan melakukan pencegahan penyakit ataupun hama. Selain itu, dalam proses pembesaran udang galah sendiri membutuhkan uji kesehatan dengan cara sebagai berikut.

  • Melalui pengamatan secara visual untuk pemeriksaan apakah ada gejala penyakit atau tidak dan memperhatikan kesempurnaan morfologi pada udang galah.
  • Melalui pengambilan sampel supaya diuji kesehatan pada udang galah dengan cara acak dengan banyaknya jumlah udang berdasarkan kebutuhan pengamatan secara visual maupun mikroskopik.
  • Melalui pengamatan secara mikroskopik untuk pemeriksaan ada ataupun tidaknya patogen-patogen yang terdapat pada udang galah di laboratorium seperti adanya virus, bakteri, jamur dan parasit

Tahap Panen Udang Galah

Cara budidaya udang galah di kolam terpal yang terakhir adalah tahap panen. Udang galah di air tawar biasanya dapat dipanen apabila sudah berusia 5 sampai 6 bulan pada panen perdana. Dengan demikian, udang dapat dipanen setiap 5 kali dalam 1 tahun.

Selain itu, bagi pemula pada panen perdana biasanya akan menghasilkan udang yang dipanen hanya berjumlah sedikit. Tetapi untuk panen berikutnya, hasil dari panen yang di peroleh dapat mencapai hingga 2 kali lipatnya. Kemudian udang galah juga bisa dijual ketika sudah mencapai ukuran sebesar 20 sampai 25 gram per ekornya. Biasanya, ukuran udang yang semakin besar, akan dijual dengan harga yang semakin mahal pula.

Leave a Comment