Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok dan Beberapa Penyebabnya

Bulu Kucing Rontok – Bulu  merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi hewan seperti kucing. Bulu mempunyai banyak fungsi  yaitu  untuk mempercantik kucing dan bisa menghangatkan tubuhnya.  Misalnya bulu kucing persia, bulunya yang panjang dan lebat membuatnya sangat cantik dan lucu apabila diperhatikan.

Namun bagaimana kalau sampai bulu kucing persia tersebut rontok? Anda sebagai pemilik tentunya harus cepat-cepat untuk mencari tahu cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Bulu kucing yang rontok adalah hal yang paling menyebalkan bagi kucing ataupun kita sebagai pemiliknya. Bulu kucing dapat rontok dan tersebar di baju, apalagi baju yang berwarna hitam ataupun celana hitam. Anda juga harus hati-hati bila si kucing terus mengalami kerontokan pada bulunya karena bisa menyebabkan kebotakan.

Bulu kucing rontok memang hal yang sudah biasa, namun tetap saja membuat kita sangat tidak nyaman untuk melihatnya. Kucing yang sudah berumur 4-5 bulan yang sering mengalaminya, karena pada saat itulah terjadi pergantian bulu. Namun kalau rontoknya sangat parah jangan menganggapnya sepele. Supaya kita tahu bagaimana cara untuk mengatasi bulu kucing yang rontok, berikut adalah informasi mengenai penyebab bulu kucing rontok dan cara mengatasinya.

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Tahukah anda, kenapa bulu kucing bisa rontok? Berikut ini adalah informasi mengenai beberapa penyebab atau alasan bulu kucingmu rontok :

1.Sudah Waktunya

Pada waktu tertentu kucing akan mengalami kerontokan pada bulunya, hal ini sangat wajar. Biasanya dalam setahun sekali kucing akan mengalami kerontokan pada bulunya yang cukup banyak, namun akan cepat berganti dengan  bulu-bulu baru yang lebih bagus dan lembut. Kucing  betina yang sedang birahi ataupun hamil juga sangat rentan untuk mengalami kerontokan pada bulunya.

2.Kekurangan Gizi

Hal ini lah yang sering diabaikan oleh catlover, namun ini juga bisa menyebabkan bulu kucing menjadi rontok. Salah satu penyebab bulu kucing rontok adalah kekurangan vitamin A, vitamin E. Protein yang mana nutrisi tersebut sangat diperlukan dalam pembentukan bulu kucing.

3.Vitamin Yang Berlebihan

Selain kekurangan gizi, kelebihan vitamin pun juga tidak baik untuk kucing karena juga bisa menyebabkan kerontokan bulu, kulit menjadi kering, mengelupas dan bahkan berkerak. Jadi jangan sampai anda berlebihan dalam memberikan vitamin untuk kucing, berikan vitamin secukupnya.

4. Salah memilih produk untuk memandikan kucing

Ini dia yang kurang teliti. Untuk pemilihan produk mandi yang biasa digunakan yaitu shampo. Jika kamu memandikan kucing dengan shampo yang tidak cocok akan menyebabkan bulu kucing rontok. Jangan sekali-kali kamu memilih produk shampo kucing yang busanya banyak, kenapa ? karena sering sekali ditemukan kadar detergen yang tinggi dan menyebabkan kulit kucing menjadi iritasi serta bulunya tambah rontok.

5. Alergi

Alergi juga termasuk salah satu dari penyebab bulu kucing rontok lho! Walau bukan penyebab utama tetapi bisa memicu ke yang lebih serius seperti : dari obat, vaksin yang salah, parasit bahkan dari makanan kucing. Kalau udah kacau kaya gini, lebih baik langsung dibawa ke dokter hewan terdekat.

6. Suhu

Untuk suhu juga memang ada waktunya dan memang sudah wajar seperti yang ada di nomor 1 diatas. Fungsi utama bulu kucing adalah sebagai pengatur suhu badan. Ketika musim dingin, bulunya yang lebat akan menghangatkan tubuhnya, lalu saat musim sedang panas bulunya akan rontok supaya tidak kepanasan. Tetapi ada juga jenis kucing yang bulunya tetap sama ketika sedang musim dingin maupun musim panas.

7. Kutu dan Pinjal

Nah ini yang horor, salah satu Ektoparasit ini bermukim di bulu dan di kulit. Mereka akan mengambil nutrisi tubuh yang ada di kucing melalui kulit, untuk nutrisi yang diambil otomatis bulunya akan rontok seketika. Nutrisi tersebut biasa digunakan untuk menjaga kesehatan bulu kucing tetapi malah dirampas sama si parasit.

8. Tungau

Tungau juga bisa menyebabkan rontoknya bulu kucing yaitu demodex dan scabies. Ini hampir sama seperti Kutu dan Pijal, tetapi tungau ini membuat lubang-lubang kecil seperti terowongan yang bisa dilihat di kulit kucing. Biasanya kalau sudah seperti ini kulitnya bisa infeksi dan bulunya bisa rontok seketika. Apalagi waktu disisir, akan banyak sekali bulu kucing yang menyangkut pada sisirnya.

9. Jamur

Bulu kucing yang panjang dan lebat akan menjadi sangat rentan terkenanya jamur jika kondisi bulunya lembab. Akibatnya bulu kucing akan rontok.

10. Pengobatan

Kok bisa? Iya, karena ini biasanya efek samping dari pengobatan tertentu yang membuat bulunya mengalami kerontokan.

11. Stres

Stres? Jelas sekali ini yang sering terjadi, jika kucing kamu sudah setres, pembuluh darah yang berfungsi mengirimkan nutrisi ke seluruh tubuh bisa macet total sehingga kucing tidak bergairan dan bulunya akan rontok tercecer. Inilah 10 Ciri ciri kucing stres pada umumnya.

12. Autoimunitas

Apa itu Autoimunitas? Autoimunitas adalah salah satu gangguan kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan kerontokan pada bulu kucing. Segeralah periksa ke dokter hewan, karena autoimun adalah salah satu penyakit yang komplek dan bersifat sistemik.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Nah, kamu sudah tahu kan kenapa bulu kucing rontok? sekarang tinggal mengetahui cara agar bulu kucing tidak rontok, simak cara mengatasinya berikut ini :

1. Dibiarkan dan dirawat seperti biasanya

Loh kenapa dibiarkan? ada beberapa penyebab seperti sudah pada waktunya atau sudah musimnya, contohnya saja sewaktu kucing sedang hamil atau birahi, sehabis pengobatan sebaiknya tetap dirawat seperti biasa. Simpel kan?

2. Memberikan mainan dan buat kucing terasa nyaman

Kucing juga butuh hiburan loh, jika kamu sudah melihat tanda-tanda kucing setres. Kamu bisa memberikan mainan khusus untuk kucing agar kucing kamu senang dan bulunya tidak rontok. Kamu bisa membuat mainan kucing dengan kertas kosong yang diremas menjadi bola dan dilemparkan agar kucing bermain dengan bola kertasnya.

3. Ganti produk yang cocok untuk kucing

Produk yang cocok itu bisa banyak sekali macamnya, contohnya saja yaitu : makanan kucing, alat atau produk mandi atau bsa juga yang berhubungan langsung dengan badannya. Nah jika sudah terasa tidak cocok, lebih baik kamu langsung menggantinya, tetapi kamu juga harus berkonsultasi sama yang sudah berpengalaman atau ahli.

4. Memandikan kucing

Perawatan kucing seperti memandikan kucing dengan rutin juga bisa mengatasi bulu kucing rontok. Memandikan kucing juga termasuk cara yang ampuh untuk membasmi parasit, tungau, jamur, bakteri yang bisa mempengaruhi kesehatan bulu kucing.

5. Berikan vitamin

Untuk memberikan vitamin jangan berlebihan yah! Berikan secukupnya saja agar kebutuhan nutrisi dan kesehatannya tercukupi. Hati-hati jangan sampai kucing kamu doping!

6. Menyisir Bulu Kucing

Ada beberapa manfaat dari menyisir bulu kucing sebagai berikut :

  • Bisa menyingkirkan kutu serta tungau kalau menggunakan sisir khusus
  • Berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh kucing yang nantinya berdampak bagus untuk kulit, layaknya pijat.
  • Ini bisa membuat hubungan emosional kamu dan si kucing bisa semakin dekat.
  • Nah dari ke 3 manfaat menyisir bulu kucing tersebut, tentu bisa mengatasi bulu rontok pada kucing dan mencegah adanya kerontokan kembali.

7. Obat bulu kucing rontok

Selain cara diatas, memberinya obat bulu kucing rontok khusus kucing juga termasuk cara yang lumayan ampuh, kamu bisa membelinya di Pet Shop. Ingat! Gunakan obat ini secukupnya saja dan jangan sampai berlebihan dalam pemberian obatnya.

Eng, ing eng! Sudah selesai! Untuk mengatasi bulu kucing yang rontok pastikan kamu paham dengan penyebabnya. Jika sudah paham tinggal cara mengatasinya. Tetapi jika kamu masih ragu untuk mengatasi bulu kucing rontok dengan menggunakan cara-cara yang sudah disampaikan di atas, lebih baik kamu membawa kucingnya ke dokter hewan agar lebih pasti.

Semoga artikel tentang penyebab dan cara mengatasi bulu kucing rontok bisa kamu praktekkan dirumah masing-masing! Jangan lupa share ke teman-teman pecinta kucing lainnya yah! Terimakasih.

Leave a Comment