Harga Iguana Merah, Hijau, Albino Dll Berbagai Jenis Oktober 2019

Harga Iguana Kecil dan Besar – Iguana adalah salah satu jenis reptil dari keluarga kadal yang bisa dipelihara dan banyak sekali orang yang sudah memeliharanya. Dan bahkan beberapa tahun lalu nama iguana sempat melejit dan menjadi sangat populer di kalangan para pecinta hewan. Habitat aslinya adalah daerah tropis di benua Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Karibia. Apabila dilihat dari fisiknya, iguana mempunyai banyak keunikan dan keistimewaan.

Ciri-cirinya adalah kulit di bawah rahang yang mengerut dan sisik membundar di pipinya yang membuat iguana terlihat lebih menawan. Selain  itu, iguana juga mempunyai banyak varian warna yang indah. Hal tersebut dikarenakan iguana dapat merespon rangsangan visual berupa warna kuning, jingga, merah muda, hijau dan masih banyak lagi.

Iguana sendiri memiliki jenis yang sangat banyak, ada 48 spesies iguana yang menyebar di berbagai penjuru dunia mulai dari benua Amerika hingga Asia. Namun tidak semua ada di indonesia karena ada juga beberapa jenis iguana yang dilindungi di negaranya, seperti godzilla dan lainya.

Baca juga: Jenis Kura Kura Brazil

Jenis-Jenis Iguana Beserta Harganya

Berikut adalah jenis jenis iguana yang terdapat di indonesia dan banyak dipelihara oleh masyarakat beserta harganya. Mulai dari harga yang termahal sampai harga yang termurah :

1. Green Iguana (Iguana Hijau)

Iguana ini merupakan iguana yang sangat populer dan banyak dipelihara oleh masyarakat. Sesuai dengan namanya,  iguana ini sebagian warna tubuhnya bewarna hijau cerah dan sedikit warna hitam kecoklatan pada bagian punggungnya. Saat ini banyak sekali yang sudah menjual iguana hijau seperti di pasar-pasar, pet shop ataupun sesama komunitas pecinta reptil. Menurut kebanyakan orang, iguana hijau ini sangat cocok untuk dipelihara karena mudah dirawat. Selain itu hewan ini juga bebas untuk dipelihara karena belum dilindungi oleh negara. Untuk harganya tergantung dari besar ukuran dan kondisinya, harganya berkisar antara Rp 450.000  sampai Rp 2.000.000.

2. Red Iguana/Iguana Merah

Iguana ini juga banyak dipelihara di indonesia, bentuk tubuhnya pun hampir mirip seperti green iguna, yang membedakan hanyalah warnanya saja. Sesuai dengan namanya, iguana ini sebagian warnanya bewarna merah, mulai dari merah cerah hingga merah kental. Tetapi kadang, ada juga iguana yang mempunyai warna merah bercampur warna hijau. Para penghobi menyebut iguana jenis ini sebagai green iggy mix atau sebaliknya.

Red iguana sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, ada red flame dan red flase. Tapi intinya sama, yaitu berwarna merah dan hanya sedikit perbedaan di antara mereka. Misalnya red flame warna merahnya lebih cerah, indah dan terlihat menyala sedangkan red flase tidak.

Harga iguana merah berkisah Rp 600.000 – Rp 3.000.000. Lagi-lagi semua tergantung pada ukuran, penjual, kondisi dan lokasi. Lebih selektif silahkan di lihat di grup khususnya di form iguana.

3. Iguana Blue Diamon

Bagi saya jenis ini adalah jenis iguana tercantik. Bahkan saat ini banyak menggemarinya untuk dijadikan sebagai binatang dipelihara di rumah. Bentuk dan warna tubuhnya hampir mirip dengan green iggy, yaitu memiliki warna dasar hijau cerah. Tapi yang membedakan antara keduanya ialah adanya corak biru di sekeliling kepalanya. Nah dari sinilah ia disebut blue diamond.

Harga sekitar Rp 600.000 – 2.000.000, tapi bukan patokan, bisa saja lebih murah.

4. Jenis Blue Iguana

Apabila daftar no 3 di atas ada kata diamondnya maka poin yang keempat ini “blue” tanpa ada embel-embel diamond alias semua didominasi dengan warna biru. Saya tidak kan berbicara panjang lebar untuk iguana biru, soalnya penjelasannya hampir mirip dengan yang sebelumnya. Harga blue iguana antara Rp. 3.000.000.

5. Jenis Iguana Chalarodon (Madagaskar)

ftar iguana yang kelima ini adalah hewan eksotis yang cantik dan indah. Tubuhnya unik menyerupai kadal namun tak sejelek kadal hihi. Dia berasal dari Madagaskar sehingga ia pun kadang dipanggil dengan iguana madagaskar.

Ciri-ciri iguana madagaskar adalah seperti gambar di atas, yaitu bertubuh kecil, memiliki corak seperti batik (bintik-bintik) dan berwarna agak kemerahan atau coklat muda. Dia tinggal di padang pasir dan bebatuan, adapun makanannya berupa serangga.

Untuk harganya kami belum mengetahuinya karena jarang ditemui di Indonesia.

6. Iguana Badak/Batu (Cyclura)

Iguana badak memiliki ukuran tubuh yang besar (jumbo) dan wajahnya juga terlihat sedikit menyeramkan atau ganas. Meski demikian dia bukanlah pemakan daging, tapi pemakan tumbuh-tumbuhan seperti bunga dan daun-daunan (herbivora). So kalian jangan takut untuk memeliharanya.

7. Jenis Iguana Gurun (Dipsosaurus)

Dilihat dari namanya saja kita bisa tahu bahwa iguana gurun bertempat tinggal di gurun atau padang pasir. Menurut beberapa sumber terpercaya, dia memiliki ciri-ciri tubuh yang kecil dan menyukai tumbuh-tumbuhan seperti bunga kuning dari semak creosote dan dedaunan.

8. Iguana Lemanctus

Lemanctus bisa juga dipanggil “iguana pemakai helm” hihi mengapa? karena dia mempunyai benjolan di bagian kepala belakang yang menyerupai helem. Mungkin juha berguna sebagai pelindung kepalanya. hihi. Untuk ukurannya tergolong kecil.

9. Jenis Iguana Ctenosaura (ekor berduri)

Jenis iguana yang terakhir adalah ctenosaura alias ekor berduri. Sebagaimana namanya ia memiliki ciri ciri duri yang ada di bagian ekornya. Selain itu spesies ini bisa tumbuh besar hingga 1 meter lebih.

Nah itulah ulasan lengkap dari jenis iguana dan harga iguana terbaru, mulai dari termahal sampai termurah dan tercantik sampai terunik.

Leave a Comment