Harga Ikan Guppy, Ikan Gapi, Ikan Gobi, Semua Jenis Terbaru September 2019

Ikan Guppy (Poecilia Reticulata) adalah jenis ikan hias air  tawar yang dapat ditemui di daerah beriklim tropis. Ikan akuarium ini dikenal dengan sebutan ikan gapi, ikan milionfish atau ikan pelangi dan banyak didistribusikan di berbagai belahan dunia karena kecantikan yang dimilikinya. Saat ini jenis ikan guppy lokal dang jenis ikan guppy import sudah banyak dijumpai di toko ikan hias.

Kelebihan memelihara ikan ini adalah cara merawatnya terbilang mudah, harganya murah, makanannya mudah didapat dan warna yang dihasilkan ikan ini juga sangat indah. Karena itulah banyak orang yang membudidayakan ikan guppy dirumah mereka ataupun sekedar mempercantik rumah.

Banyak sekali orang yang terpesona dengan kecantikan yang dimiliki ikan hias kecil ini, bagian yang paling disukai banyak orang yaitu warna tubuhnya yang bewarna-warni sperti pelangi. Apalagi ketika ikan guppy ini berenang, siripnya yang lebar akan tampak seperti pelangi yang melambai-lambai dengan sangat indah. Sehingga banyak yang menyebut bahwa ikan ini adalah primadona ikan hias dunia.

Jenis Ikan Guppy

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang pesat membuat banyak para ilmuan yang melakukan penilitian terhadap ikan ini, salah satunya adalah dengan menyilangkan spesies guppy ini. Hingga saat ini ada kurang lebih 40 jenis ikan guppy hasil dari persilangan yang ada di dunia. Berikut adalah jenis-jenis ikan guppy yang tercantik dan terbaik di dunia.

  1. Ikan Guppy Red Blonde

Ciri-ciri yang paling menonjol dari ikan guppy jenis red blonde yaitu warna sirip ekor yang merah penuh dengan warna badan putih kemerahan. Jenis ikan guppy ini mempunyai tubuh yang paling kecil jika dibandingkan dengan jenis ikan guppy yang lainnya.

  1. Ikan Guppy Mozaic

Ciri-ciri ikan guppy jenisr mozaic yaitu dibagian pangkal ekor ikan terdapat warna biru dan pola garis dibagian sirip ikan bergelombang. Jenis ikan guppy yang satu ini mempunyai susunan warna yang sangat enak dilihat. Ikan guppy mozaic ini mempunyai  dua jenis lagi. Yang pertama jika ikan guppy grass blue dan yang kedua ikan guppy red mozaic.

  1. Ikan Guppy Red Mozaic

Ciri-ciri ikan guppy red mozaic yaitu sedikit mirip dengan jenis ikan guppy red blonde. Yang membedakan adalah jenis ikan guppy red mozaic ini ekornya bewarna merah disertai corak hitam plakat serta mempunyai tubuh yang lebih panjang.

  1. Ikan Guppy Grass Blue

Jenis ikan guppy keempat adalah ikan guppy grass blue. Ciri-ciri ikan guppy grass blue ini adalah sirip punggung dan sirip ekornya berwarna biru gelap dengan corak titik-titik hitam. Jenis ikan guppy grass blue ini merupakan hasil silangan dari indukan ikan guppy jenis mozaic.

  1. Ikan Guppy Red Lace Snakeskin

Jenis ikan guppy yang kelima adalah ikan guppy red lace snakeskin. Ciri-ciri ikan guppy red lace snakeskin adalah sirip punggung dan sirip ekor ikan panjang, sirip punggung dan ekor berwarna dasar merah, warna dasar tubuh putih serta corak hitam memenuhi seluruh bagian tubuh ikan. Sekilas ikan ini terlihat seperti batik yang bisa berenang. Keunikan jenis ikan guppy red lace snakeskin ini membuat banyak orang yang mengagumi kecantikannya.

  1. Ikan Guppy Cobra

Jenis ikan guppy yang keenam adalah ikan guppy cobra. Ciri-ciri ikan guppy cobra yaitu seluruh tubuhnya terdapat corak dengan warna kuning, hitam, dan putih. Jenis ikan guppy cobra ini memiliki corak yang sama dengan cobra. Oleh karena itu ikan ini disebut ikan guppy cobra.

  1. Ikan Guppy Metalik

Jenis ikan guppy yang ketujuh adalah ikan guppy metalik. Ciri-ciri ikan guppy metalik yaitu sirip punggung pendek, sirip ekor lebar, warna badan biru dan abu-abu metalik, dan pada dada ikan terdapat warna metalik. Ikan ini mempunyai spesies baru, yaitu ikan guppy jenis metaik cobra. Ikan guppy metalik cobra merupakan silangan dari ikan guppy metalik dengan ikan guppy cobra.

  1. Ikan Guppy Full Platinum

Jenis ikan guppy selanjutnya adalah ikan guppy full platinum. Ciri-ciri ikan guppy full platinum yaitu warna mata merah, sirip punggung dan sirip ekor panjang, serta terdapat warna platinum di keseluruhan badan ikan.

  1. Ikan Guppy Metal Red King Kobra Halfmoon

Jenis ikan guppy yang kesembilan adalah ikan guppy metal red king kobra halfmoon. Ciri-ciri ikan guppy jenis ini yaitu terdapat warna merah metal pada bagian sirip penggung dan sirip ekor ikan.

  1. Ikan Guppy Metal Lace Thailand

Jenis ikan yang selanjutnya adalah ikan guppy metal lace thailand. Ciri-ciri ikan guppy metal lace thailand yaitu pada sirip punggung dan ekor ikan terdapat warna putih hitam dengan corak garis serta tubuhnya berwarna metal dominan.

  1. Ikan Guppy Full Black Thailand

Jenis guppy kesebelas adalah ikan guppy full black thailand. Ciri-ciri ikan guppy full black thailand yaitu pada seluruh tubuhnya terdapat warna hitam pekat.

  1. Ikan Guppy Black Moscow

Jenis ikan guppy yang selanjutnya adalah ikan guppy black Moscow. Ciri-ciri ikan ini sama halnya dengan ikan guppy black Thailand, yaitu seluruh tubunya terdapat warna hitam pekat. Hanya yang menjadi pembedanya adalah ikan guppy black Moscow berasal dari Moscow, Rusia. Sedangkan ikan guppy black thaioland berasal dari Thailand. Hanya daerah asalnya saja yang membedakan kedua jenis ikan ini.

  1. Ikan Guppy Japan Blue

Jenis ikan guppy selanjutnya adalah ikan guppy japan blue. Ciri-ciri ikan guppy japan blue adalah terdapatnya warna biru pada kepala dan pangkal ekor ikan. Ciri di atas merupakan ciri yang terbaru hasil silangan dari indukan ikan guppy japan blue. Pada guppy jantan pingganya terdapat warna biru yang indah. Ikan ini banyak hidup liar di negara jepang.

  1. Ikan Guppy Super Red Singapore

Jenis guppy selanjutnya merupakan ikan guppy super red Singapore. Ciri-ciri ikan guppy super red Singapore yaitu sirip punggung dan sirip ekor panjang serta terdapatnya warna merah pada seluruh tubuh ikan. Ikan jenis ini banyak dijumpai di Negara Singapore. Ukuran jenis ini mirip seperti ikan guppy pada umumnya.

  1. Ikan Guppy Blue Moscow

Ikan guppy yang keenam belas adalah ikan guppy blue Moscow. Ciri-ciri ikan guppy blue Moscow yaitu sirip punggung dan sirip ekor panjang serta warna dasar ikan pink dengan campuran sedikit warna biru. Ikan ini berasal dari Negara Moscow, Rusia. Karena ikan ini sangat indah, maka banyak para pecinta ikan hias berbondong –bondong membeli ikan ini.

  1. Ikan Guppy Blue Moscow Albino

Jenis ikan guppy yang selanjutnya adalah ikan guppy blue Moscow albino. Ciri-ciri ikan guppy blue Moscow albino yaitu sirip ekor dan sirip punggung panjang serta tubuh ikan berwarna pink dan ungu. Ciri-ciri tersebut membuat ikan ini terlihat menakjubkan ketika berenang.

  1. Ikan Guppy German Platinum Crown Tail

Jenis ikan guppy yang ketujuh belas adalah ikan guppy german platinum crown tail. Ciri-ciri ikan guppy ini adalah memiliki sirip punggung dan sirip ekor yang bercabang seperti mahkota. Jenis ikan guppy german platinum crown tail ini berbeda dengan jenis ikan guppy yang lain. Yang membedakannya adalah bentuk siripnya yang bercabang ini. Sangat unik.

  1. Ikan Guppy Green Red Dragon

Jenis ikan guppy yang terakhir adalah ikan guppy green red dragon. Ciri-ciri ikan guppy green red dragon yaitu sirip ekor ikan yang berbentuk lebar dan menyamping (ekor delta). Ciri lain dari ikan ini yaitu ketika berenang terlihat seperti membawa beban berat pada ekornya.

Ikan ini tergolong ikan guppy termahal. Karena 3 ekor ikan guppy jenis ini dapat bernilai hingga 1 juta rupiah. Luar biasa bukan? Oleh karena itu banyak orang yang menyebut ikan ini merupakan primadonanya ikan guppy.

Harga Ikan Guppy

Kelebihan dari ikan guppy adalah keindahan dari warna tubunya. Hal ini dapat digunakan sebagai penghilang rasa pegal, penat, letih, dan stress kita. Harga ikan ini sendiri dapat dijangkau oleh semua golongan.

Harga ikan guppy di toko bisa kita beli dari harga Rp 1.500,- hingga ratusan ribu rupiah. Sangat murah sekali bukan? Harga ikan guppy ini ditentukan oleh keindahan dari bentuk dan warnanya. Semakin indah bentuk dan warna ikan, maka harga ikan juga akan semakin mahal. Begitu juga sebaliknya.

Ikan guppy merupakan ikan yang tahan banting. Ikan ini memiliki tingkat kematian yang sangat rendah serta tingkat perkembangbiaknya juga tergolong cepat. Hanya saja kita harus memperhatikan kondisi air. Jangan gunakan air yang terdapat zat kimia didalamnya (tercemar). Gantilah air secara rutin. Kira-kira seminggu sekali atau ketika air sudah terlihat sedikit keruh. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara ikan guppy di akuarium anda?

Nah, itu tadi ulasan tentang kumpulan jenis ikan guppy tercantik dan terbaik di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang jenis-jenis ikan guppy. Jika anda memiliki kritik atau saran tentang kami, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Leave a Comment