Harga Kucing Scottish Fold, Ciri-Ciri Dan Jenisnya Terbaru September 2019

Kucing Scotish Fold merupakan kucing yang berukuran medium dengan wajah yang bulat.  Kucing scottish fold mendapatkan namanya dari ciri fisik dan negara asalnya. Fold (terlipat) menunjukkan kondisi telinganya yang melipat kedepan dan kebawah, sedangkan Scottish/Skotlandia adalah nama sebuah negara di Britania Raya.

Maka dari itu dapat disebut sebagai kucing telinga terlipat dari Skotlandia. Memiliki kucing scottish adalah impian banyak orang sebab bentuknya yang lucu serta menggemaskan.

Ciri-Ciri Fisik Kucing Scottish Fold

Mengetahui ciri-ciri dari kucing ini sangat penting agar kita terhindar dari penjual nakal yang mengaku menjuak scottish asli padahal tidak, kita juga harus jeli saat memilih. Berikut ini adalah panduan mengenali ciri fisik kucing scottish untuk pemula :

  1. Postur Tubuh

Kucing scottish memiliki ukuran tubuh yang sedang, pawakannya lumayan besar tapi masih termasuk dalam ukuran medium. Berat kucing scottish jantan biasanya lebih dari 5 kg dan antara 3 sampai 5 kg untuk betina.

  1. Bagian Kepala

Hal ini mudah dilakukan, karena memang ciri khasnya ada pada telinga dan kepalanya. Secara keseluruhan, kucing ini memiliki kepala yang beerbentuk bulat dan telinganya terlipat sehingga terlihat seperti kucing yang mukanya bulat.Mata kucing scotiish juga bulat dengan warna yang cerah dan bersih.

  1. Bagian Kaki

Kaki kucing scottish memiliki bentuk bulat dan panjangnya hampir sama dengan ekornya. Bulu kakinya penuh tapi tidak begitu padat. Hal ini menguntungkan bagi kita, sebab kita tak perlu melakukan banyak perawatan pada bulu kakinya.

  1. Bulu dan Ekor

Kucing scottish memiliki bulu yang tidak terlalu lebat tapi cukup untuk menutupi anggota badannya. Tapi ada juga yang bulunya lebat dan pastinya butuh perawatan lebih dari kita. Karakteristik bulu kucing scottish ini lurus dengan warna yang bervariasi mulai dari putih, biru, krem, dll. Pola dibagian bulunya bisa berwarna solid, tabby, tricolor, dll.

  1. Umur Kucing Scottish

Kucing scottish dapat hidup antara usia 9 sampai 12 tahun. Usia kucing ini bergantung pada perawatan dan nutrisi yang diperoleh. Makin baik perawatnnya maka ada kemungkinan bisa membuat usia kucing scottish kebih panjang.

Jenis Kucing Scottish Fold

Terdapat dua jenis kucing scottish yang keduanya dibedakan dari kondsi telinganya, berikut perbedaannya :

  • Folded ear merupakan scottish yang telinganya terlipat kedepan dan menghadap bawah. Saat sudah dewasa, kucing ini akan terlipat telinganya sebab merupakan hasil dari mutasi gen yang spontan.
  • Straight ear merupakan scottish yang telinganya normal (tidak terlipat) seperti kucing lainnya. biasanya, ada anak kucing scottish yang mengalami hal ini hingga akhirnya mereka kurang diminati sebagai kucing scottish sebab kehilangan cirinya.

Harga Kucing Scottish Fold

Wah akhirnya kita sampai pada segmen yang ditunggu-tunggu. Berapa sih harga kucing scottish? dari pengamatan yang kami lakukan. Harga kucing ini bervariasi dan tentu saja tidak ada harga pasti karena memang ini bukan hewan peliharaan sembarangan.

Harga anak kucing scottish fold yang berumur 3 bulan harganya bisa mencapai 3 hingga 6 juta rupiah. Sedangkan yang sudah agak dewasa range harganya 6 hingga 9 juta rupiah. Harga tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti sertifikat, vaksinasi, kondisi kucing dan lain sebagainya.

Adopsi Kucing Scottish Fold

Untuk mengadopsi kucing ini kita bisa cari breeder yang terpercaya dan memiliki sertifikat. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap ciri fisik yang dimiliki oleh kucing scottish. Mulai dari bentuk wajah, muka, telinga, bulu dan karakteristik sifatnya.

Harga 3 hingga 9 juta akan menjadi sia-sia apabila kita salah dalam membeli kucing. Lebih baik berhati-hati dan memilih breeder terpercaya.

Leave a Comment