Ternak Bebek Pedaging Hingga Panen Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

Budidaya Bebek Potong Pedaging – Saat ini kuliner dari bahan bebek banyak diminati di daerah-daerah indonesia. Untuk itu budidaya bebek pedaging juga  sangat menjanjikan dan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Budidaya bebek pedaging supaya cepat besar sebenarnya cukup mudah asalkan kita mengetahui dan menguasai teknik penggemukannya yang tepat.

Berikut adalah cara ternak bebek pedaging yang sangat cocok untuk anda yang masih pemula :

  • Kandang

Sesuaikan kandang bebek pedaging dengan anggaran yang anda miliki. Kandang bebek sebaiknya menggunakan sistem kandang panggung yang menghadap ke arah timur (matahari terbit. Kelebihan dari kandang panggung ini yaitu kebersihan dan kesehatan bebek pedaging dapat terjaga dengan baik karena kotorannya bisa dipisahkan.

Akan tetapi, jika anda tidak menggunakan kandang panggung, anda juga dapat menggunakan lapisan pasir, kapur ataupun sekam padi untuk bisa memisahkan bebek pedaging dari kotorannya. Kapur bermanfaat untuk menjaga PH tanah, mengendalikan penyakit dan dapat mempercepat penyerapan kotoran bebek.

Ada 3 jenis kandang yang dapat digunakan dalam budidaya bebek pedaging :

  1. Pertama, perlu adanya kandang boks untuk meletakkan anakan bebek (DOD) yang berukuran 1 sampai 2 meter untuk menampung 50 ekor anakan.
  2. Kedua, menyiapkan kandang brower. Kandang ini dikhususkan untuk pemeliharaan bebek remaja.
  3. Ketiga, perlu adanya kandang layar untuk bebek petelur dewasa. Usahakan kapasitas kandang layar ini bisa menampung 4 sampai 5 ekor bebek dewasa.

Bahan dari kandang bebek pedaging usahakan terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Hal tersebut  juga salah satu bentuk investasi untuk peternakan anda yang berkualitas. Sediakan juga untuk tempat makan dan minum bebek yang mencukupi dengan jumlah bebek yang terdapat di dalam kandang.

  • Pembibitan

Proses dalam pemilihan bibit bebek pedaging yang unggul mempunyai peran yang sangat penting bagi para peternak bebek pedaging. Karena hal ini sangat berhubungan dengan keuntungan ternak bebek pedaging yang akan didapatkan nanti. Sebaiknya anda memilih bebek pejantan yang unggul karena akan sangat berpengaruh pada keturunannya nanti dari pada bebek yang betina.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan bebek pedaging yang berkualitas :

  1. Belilah bibit bebek pedaging yang menetas dari bebek petelur yang kualitasnya sudah terjamin.
  2. Mengawinkan bebek jantan dan betina yang unggul dan kemudian menetaskan telur-telurnya yang akan dijadikan bibit bebek yang unggul juga.
  3. Membeli bibit bebek (DOD) di tempat yang sudah direkomendasikan oleh Dinas Peternakan.
  4. Pastikan bahwa bibit-bibit bebek tersebut tidak dalam keadaan sakit atau cacat. Tandanya adalah bulunya mengilat dan warna bulunya kuning segar.

  • Perawatan

Setelah mendapatkan bibit bebek berkualitas, segera tempatkan pada kandang yang sudah anda siapkan untuk perawatannya.

Letakkan bibit bebek secara merata dengan suhu yang sudah disesuaikan, setelah itu tambahkan vitamin pada makanan atau minuman bibit tersebut.

Jenis pakan bebek pedaging dibedakan berdasarkan usia bibit bebek tersebut, begitu pun dengan takaran jumlahnya.

Untuk bibit bebek pedaging usia 0 sampai 16 hari gunakan wadah datar agar memudahkan bebek untuk memakannya. Sedangkan untuk usia 16 sampai 21 hari berikan pakan dengan menyebarnya di lantai kandang dan juga di wadah datar.

Ketika bebek sudah berusia 21 sampai 18 minggu maka cukup sebarkan saja pakan bebek di lantai. Jangan lupa tambahkan nutrisi tambahan seperti bekatul, tepung ikan, atau jagung.

Leave a Comment